Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jul 2020 05:35 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Midnight Sun Saat Ujung Dunia Tak Disentuh Malam

Bonauli
detikTravel
Midnight Sun di Norwegia
Midnight Sun di Norwegia (Getty Images/iStockphoto)
Tromso -

Norwegia, negara di dekat kutub utara, sedang kedatangan matahari terus-menerus selama 24 jam. Warga tak merasakan malam dalam periode midnight sun.

Fenomena itu dikenal sebagai kita kenal dengan sebutan midnight sun atau matahari tengah malam. Midnight sun membuat wilayah tersebut terang selama 24 jam.

Negara yang memiliki fenomena ini adalah Norwegia. Midnight sun terjadi saat musim panas atau summer solitude. Ketika itu kemiringan aksial bumi sebesar 23,5 derajat. Sehingga, wilayah tersebut mengalami siang lebih panjang dan matahari tetap berada di garis horizon.

Bentuk bumi yang pipih membuat wilayah yang semakin di utara tak bertemu malam. Norwegia sendiri memiliki 12 wilayah yang mendapatkan Midnight Sun, di antaranya Bodo, Harstad, Tromso, Alta, Vardo, Hammerfest, dan Bardufoss.

Midnight Sun di NorwegiaMidnight Sun di Norwegia Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Tromso menjadi kota terbesar di Norwegia Utara yang mengalami midnight sun selama dua bulan setiap tahunnya. Biasanya, midnight sun muncul pada pertengahan Mei hingga 22 Juli.

Sementara itu, di Longyearbyen ada waktu sampai lima bulan untuk menikmati midnight sun. Rentangnya, mulai pertengahan April hingga pertengahan Agustus.

Midnight sun bukan sekedar fenomena alam. Pada waktu ini penduduknya mempunyai kebiasaan yang sedikit berbeda. Menurut peneliti, warga setempat menjadi cenderung temperamen dan lebih galak.

Midnight Sun di NorwegiaMidnight Sun di Norwegia Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Gejala insomnia, penurunan nafsu makan dan berat badan, juga sering dialami oleh penduduk Norwegia ketika midnight sun. Itu berkaitan dengan tekanan yang dihadapkan yaitu kelelahan bekerja akibat matahari yang tak terbenam.

Fenomena ini membuat Norwegia kerap dikunjungi turis karena penasaran. Tapi, warganya menganggap periode itu justru merupakan pilihan terbaik untuk traveling. Selain summer pas untuk menjelajah negara lain di Eropa, mereka juga menghindari stress akibat melihat matahari sepanjang waktu.

Tak jarang penduduk berjalan-jalan saat malam hanya untuk menghilangkan insomnia. Anak-anak juga memanfaatkan midnight sun untuk tetap bermain tengah malam sekaligus berjemur. Meski terik tapi suhunya kisaran belasan derajat celcius, lo!



Simak Video "InstaTalk!: Menyaksikan Fenomena Midnight Sun di Norwegia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA