Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jul 2020 14:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Old Trafford dan 7 Destinasi Wisata Lain di Kota Manchester

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
MANCHESTER, ENGLAND - FEBRUARY 28: A general view outside Old Trafford prior to the FA Youth Cup: Sixth Round match between Manchester United and Wigan Athletic at Old Trafford on February 28, 2020 in Manchester, England. (Photo by Charlotte Tattersall/Getty Images)
markas MU Old Trafford menjadi salah destinasi wisata favorit di Manchester. Getty Images/Charlotte Tattersall
Manchester -

Traveler penggemar Manchester United sedang happy setelah Setan Merah memastikan lolos Liga Champions musim depan. Makin ingin ke Old Trafford, ya?

MU akhirnya finis empat besar di Liga Inggris 2019/2020. Itu setelah The Red Devils mengalahkan Leicester City 2-0 di King Power Stadium, Minggu (26/7/2020) malam WIB.

Kemenangan dua gol tanpa balas itu membuat MU finis di posisi ketiga klasemen Liga Inggris 2019/2020. Tim besutan Ole Gunnar Solskjaer itu mengoleksi poin yang sama dengan Chelsea, 66 poin, namun unggul selisih gol.

Andai perbatasan negara tak ditutup, tampaknya ini menjadi momen yang pas bagi fan MU untuk melancong ke Manchester. Pertama-tama sih pasti menyambangi Old Trafford, markas MU.

Selain itu, Manchester yang merupakan kota pelabuhan mempunyai destinasi wisata apa lagi ya?

Berikut deretan wisata di Manchester:

1. Stadion Old Trafford

Berbicara Manchester sangat disayangkan jika kita tidak membahas stadion dari klub sepak bola yang sangat terkenal di dalamnya. Stadion Old Trafford menyimpan catatan sukses MU di Liga Inggris ataupun Liga Champions.

Berlokasi di Stretford, Manchester, tak jarang stadion megah yang terbesar di Inggris ini dikunjungi oleh wisatawan walaupun tak ada pertandingan. Traveler bisa berfoto atau mengikuti tur museum dan stadion Old Trafford. Tapi, karena virus Corona, tur ditutup sejak Maret 2020.


MANCHESTER, ENGLAND - MARCH 13:  A general view outside the stadium prior to the UEFA Champions League Round of 16 Second Leg match between Manchester United and Sevilla FC at Old Trafford on March 13, 2018 in Manchester, United Kingdom.  (Photo by Michael Regan/Getty Images)Old Trafford (Michael Regan/Getty Images)

Di sana juga terdapat Megastore MU yang menyediakan jersey dan berbagai macam souvenir yang MU banget.

Salah satu spot untuk berfoto adalah di depan patung ikonik Old Trafford, The United Trinity; George Best, Denis Law, dan Sir Bobby Charlton.

2. Stadion Etihad

Selain MU, Manchester juga memiliki satu klub raksasa lain, Manchester City. Saat sudah berada di Manchester sayang kan untuk melewatkan markas tim tetangga ini.

Lokasi Stadion Etihad ada di Ashton New Road, Manchester sekitar 7 km dari Old Trafford. Seperti namanya, stadium ini merupakan kerja sama Manchester City dengan maskapai penerbangan Etihad.

Destinasi Manchester CityStadium Etihad (iStock)

Sama seperti di Old Trafford, traveler juga bisa melakukan tur ke dalam stadion, termasuk memasuki ruang ganti pemain-pemain kelas dunia.

Selanjutnya wisatawan bisa mengunjungi lorong pemain yang terhubung ke lapangan. Ada pula berbagai macam fasilitas dari stadium seperti ruangan pers untuk para pekerja media. Selain itu untuk wisatawan disediakan kafe, restoran dan juga toko suvenir.

3. John Rylands Library

Perpustakaan John Rylands merupakan salah satu destinasi menarik saat traveler berkunjung ke Manchester. Berlokasi di Universitas Manchester, Deansgate, jantung kota Manchester, John Rylands mudah diakses dengan kereta api atau berjalan kaki.

Perpustakaan John Rylands merupakan rumah bagi koleksi buku, manuskrip, peta, karya seni dengan arsitektur yang menarik. Wisatawan diperbolehkan untuk memotret di perpustakaan, namun tidak boleh di area galeri pameran.

Destinasi Manchester CityDestinasi Manchester City Foto: Getty Images/coward_lion

Ada beberapa ruangan menarik, di antaranya ruang baca sejarah yang instagramable, ruangan koleksi buku pendiri perpustakaan, ruangan berisi koleksi naskah yang beriis lebih dari 6.000 manuskrip tulisan tangan dalam lebih dari 50 bahasan yang berbeda.


4. Imperial War Museum North

Museum ini akan menyampaikan sejarah dan dampak perang terhadap dunia kita. Imperial War Museum North atau biasa disebut IWM North memberikan pengalaman unik untuk menjelajahi perang dari berbagai perspektif.

Wisatawan seakan melintasi timeline konflik sejak perang dunia pertama dengan temuan sejarah lebih dari 2.000 objek, forto dan tampilan interaktif. Salah satu pamerannya yaitu senjata lapangan yang menembakkan tembakan Inggris pertama pada tahun 1914.

Destinasi Manchester CityImperial War Museum North (IWM)

Lokasinya berada di Stretford Manchester, ada satu ruangan berisi pertunjukan sinematik 360 derajat, membawa kita pada sejarah perang dengan suara, gambar bergerak digital dengan gambar berteknologi HD terbaru.

5. Museum of Science and Industry

Selain belajar akan perang, ada museum yang memperkenalkan wisatawan dengan sains dan sejarah industri Manchester, termasuk stasiun kereta penumpang tertua di dunia. Tempat ini memungkinkan wisatawan merasakan stasiun Liverpool Road yang lama dan membayangkan betapa menyenangkan dan sensasi aneh menjadi salah satu penumpang kereta api pertama.

Liverpool dan Manchester Railway merupakan kereta api antar kota bertenaga uap pertama di dunia yang dirancang untuk membawa penumpang dan barang. Pada tahun 1830, Manchester memang menjadi simbol internasional zaman baru.

Destinasi Manchester CityMuseum of Science and Industry (Science Museum Group)

Ada pula galeri tekstil yang melukiskan gambaran tentang bagaimana kapas mengubah Manchester menjadi kota metropolitan. Wisatawan bisa tahu sejarahnya mulai dari pencetakan, penyelesaian hingga petualangan Manchester yang pernah menjadi pusat internasional industri kapas di dunia.

5. National Football Museum

National football museum di Manchester, InggrisNational football museum di Manchester, Inggris Foto: Getty Images/trabantos

Manchester memiliki museum sepakbola nasional National Football Museum. Lokasinya ada di Urbis Building Cathedral Gardens, Todd St, Manchester M4 3BG.

Museum itu dibangun pada 2012. Koleksinya, beragam bukan hanya terbatas sepakbola Inggris. Traveler bisa menyaksikan koleksi dari FIFA museum, FIFA Book Collection dan Football League.

6. Manchester Town Hall

Manchester Town Hall saat malam. Lokasi di Manchester, North West England, Inggris.Manchester Town Hall saat malam. Lokasi di Manchester, North West England, Inggris. (Getty Images/iStockphoto/benkrut)

Manchester Town Hall juga menjadi spot foto yang tak boleh dilewatkan. Gedung itu dibangun pada 1868 dan merupakan kantor pemerintahan Manchester yang berlokasi di Mount Street Entrance, Albert Square, Manchester.

Gedung itu bergaya gotik dengan mempunyai menara jam setinggi 85 meter dengan empat buah jam yang dapat dilihat dari empat arah mata angin. Traveler bisa melihat Great Abel, bel tua seberat 8 ton.

Di gedung ini juga terdapat lukisan mural ikonik berjudul History of Manchester yang melegenda.

7. Manchester Cathedral

Katedral ManchesterKatedral Manchester (Getty Images/iStockphoto/tupungato)

Bangunan bersejarah Manchester Cathedral sudah ada sejak tahun 1421. Lokasinya ada di Victoria St, Manchester.

Katedral Manchester yang bergaya gotik itu pernah rusak, namun kemudian direstorasi. Katedral ini memiliki The Angel Stone dan memiliki 10 lonceng yang ditempa pada 1926, jendela kaca patri.

8. Castlefield

View di kanal Castlefied di jantung Manchester, Inggris.View di kanal Castlefied di jantung Manchester, Inggris. Foto: Getty Images/George-Standen

Castlefield berada di jantung kota Manchester. Traveler bisa melihat rumah-rumah bergaya Victoria di sepanjang kanal tua.

Juga ada Bridgewater Canal yang dibangun pada tahun 1761 untuk mengangkut batu bara dari tambang di Worsley ke Manchester. Di sinilah suasana Manchester tempo dulu bisa dilihat.

Tuh, kan andai ada kesempatan ke Manchester, selain Old Trafford, fan MU bisa mendapatkan foto yang Instagramable banget di spot-spot lain.



Simak Video "Man United dan Barcelona Tertarik The New Paul Pogba"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA