Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Agu 2020 13:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Negara Ini Berhasil Tumbuhkan Kembali Hutannya, Caranya?

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Hutan hujan tropis di Kosta Rika
Hutan hujan Kosta Rika (CNN)
San José -

Kosta Rika pernah menyesal karena hampir seluruh hutan hujan tropis musnah. Upaya radikal pun dilakukan, bagaimana hasilnya?

Diberitakan CNN, ini adalah kisah dari hutan hujan yang ada di Kosta Rika, Amerika Tengah. Cerita ini terinspirasi dari perjuangan salah satu pejuang hutan ini, Pedro Garcia (57).

Ia salah satu perawat hutan hujan. Di genggamannya ada benih biji almond gunung, mampu tumbuh hingga 60 meter, tempat burung macaw hijau berkembang biak. Hewan itu kini terancam punah.

Pedro telah menumbuhkan kembali pohon di lahan seluas tujuh hektar, ia namai El Jicaro. Ia merawat lahan ini selama 36 tahun, lokasinya di Sarapiqui, Kosta Rika bagian timur laut.

Berkat tangan dinginnya, lahan yang semula berupa padang rumput berubah menjadi surga satwa liar. Kini, pepohonan tropis tumbuh di sana, rumah bagi ratusan spesies katak beracun juga hewan liar lainnya.

Sembari merawat hutan itu, ia juga menanam produk pertanian dari tanaman merica hingga nanas organik. Usahanya itu tak menghasilkan keuntungan atau uang banyak, tapi kini ia bisa mendapatkannya lewat ekowisata.

Ia membimbing para ahli biologi dan ekologi berkeliling dan mendapat uang dari situ, payments for ecosystem services (PES). Kegiatan itu dikelola oleh pemerintah Kosta Rika yang bertujuan untuk memberi penghargaan pada petani karena tekad melindungi hutan dan menerapkan pola perlindungan berkelanjutan.

Kosta Rika jadi satu negara yang sudah sadar akan pentingnya hutan. "Ini luar biasa. Pada 1970-an dan 1980-an Kosta Rika memiliki tingkat deforestasi tertinggi di Amerika Latin, tetapi berhasil membalikkan itu dalam waktu yang relatif singkat," kata salah satu direktur di International Union for Conservation of Nature (IUCN), Stewart Maginnis.

Kosta Rika adalah negara tropis pertama yang menghentikan pembalakan liar atau laju deforestasi. Bisakah seluruh dunia mengikuti jejaknya?

Hutan hujan tropis di Kosta RikaPedro Garcia pejuang hutan hujan tropis di Kosta Rika Foto: CNN

Cerita Kosta Rika kehilangan hutannya

Pada tahun 1940-an, 75% hutan hujan tropis yang rimbun menyelubungi wilayah Kosta Rika. Kemudian para penebang tiba, dengan gergaji tangan, dan membuka lahan untuk bercocok tanam juga memelihara ternak.

Lalu, muncullah perdebatan akan adanya pengurangan laju deforestasi. Hal ini dipicu oleh perkiraan bahwa antara setengah hingga sepertiga lahan hutan telah hancur pada tahun 1987.

Segera setelah titik terendah di masa ini, pemerintah mengambil serangkaian tindakan radikal untuk mengubah negara itu kembali menjadi surga alami. Pada tahun 1996, adalah hal ilegal melakukan penebangan hutan tanpa izin dari pihak berwenang dan pada tahun berikutnya pemerintah memperkenalkan PES.

Hutan hujan tropis di Kosta RikaBurung Macaw Hijau di hutan hujan tropis Kosta Rika (Foto: CNN)

Saat ini hampir 60% lahan Kosta Rika telah menjadi hutan kembali. Hutan yang lebat telah menyelimuti pegunungan, berbaris di pantai selatan dan hutan kering menyapu timur laut negara itu. Lanskap ini adalah rumah bagi sekitar setengah juta spesies tanaman dan hewan.

Baliknya hutan di Kosta Rika sangat kontras dengan hutan hujan di negara tropis lainnya. Pada 2019, negara tropis kehilangan 12 juta hektar hutan, setara 20 lapangan sepak bola per menit dengan luas sepertiganya di hutan primer.

Selanjutnya, uang menjadi alasan menyetop deforestasi hutan hujan tropis di Kosta Rika>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA