Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Agu 2020 10:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bosan Pakai Masker? Warga Pulau Ini Sudah dari Dulu

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pulau berbahaya di Jepang.
Foto: (tokyoislands.jp)
Miyakejima -

Tak sedikit publik yang mengaku jengah memakai masker karena sesak. Jauh sebelum COVID-19, warga di pulau ini sudah pakai masker dari tahun 2000.

Bagi wisatawan, mungkin tak banyak yang belum mengenal nama Pulau Miyakejima di Jepang. Namun, pulau yang berjarak 180 Km dari teluk Tokyo ini menjadi saksi akan penggunaan masker sebagai bagian dari gaya hidup warganya.

Dilansir detikcom dari situs resmi Go Tokyo, Jumat(7/8/2020), Pulau Miyakejima yang masuk Kepulauan Izu bahkan kerap dikenal akan wisata maskernya. Penasaran?

Usut punya usut, ternyata sebutan wisata masker di sana tak lepas dari sejarah panjang pulau tersebut. Walau merupakan sebuah pulau, tapi terdapat gunung api Oyama yang disebut masih aktif.

Ada gunung api aktif

Selama 100 tahun belakangan, Gunung Oyama diketahui telah erupsi sebanyak enam kali. Seakan tidak cukup berbahaya, erupsi dari gunung berapi itu juga mengeluarkan konsentrasi gas sulfur yang beracun dari tanahnya.

Di tahun 2000 silam, bahkan evakuasi masal pernah terjadi di Pulau Miyakejima akibat merebaknya gas beracun di area tersebut usai Gunung Oyama meletus.

Pulau berbahaya di Jepang.Pulau Miyakejima di Jepang (tokyoislands.jp)

Pada momen itu, semua penerbangan ke pulau itu disetop sementara selama delapan tahun lamanya akibat gas beracun. Adapun, masyarakat Miyakejima baru diizinkan kembali ke rumah mereka di pulau itu pada tahun 2005 atau lima tahun setelahnya.

Hanya dengan satu syarat, setiap warga yang ingin kembali atau tinggal di pulau itu diwajibkan membawa masker bersama mereka setiap saat. Protokol kesehatan di masa sekarang terkait masker, sudah jadi makanan sehari-hari bagi mereka.

Secara teknis, kunjungan ke pulau tersebut tak ubahnya dengan adegan di sebuah film scifi atau thriller. Jangan kaget ketika traveler mendengar bunyi alarm di malam hari atau bertemu anak kecil yang memakai masker gas di tengah malam mencari ibunya.

Pulau berbahaya di Jepang.Ilustrasi (tokyoislands.jp)

Diketahui, sepertiga dari Pulau Miyakejima tak dapat sembarangan dikunjungi karena muatan gas beracunnya. Selain itu, Miyakejima juga menawarkan alam indah di setiap sudutnya.

Gambaran Pulau Miyakejima memang sangat menakutkan. Namun, nyatanya traveler bisa berkunjung ke pulau berbahaya tersebut.

Terlepas dari gas beracun yang kerap menghantui pulau tersebut, Pulau Miyakejima menjadi rumah dari sejumlah spot diving indah yang dihiasi oleh sekawanan lumba-lumba.

Cuma kalau penasaran dan ingin tetap berkunjung ke Pulau Miyakejima, traveler akan disambut oleh jajaran masker yang tersedia di banyak toko di pulau tersebut. Hanya melihat kondisi dunia sekarang, tentunya traveler sudah punya satu atau lebih masker untuk persediaan.

Bedanya, masyarakat di Pulau Miyakejima sudah sadar penuh akan alasan kenapa mereka memakai masker. Berbeda dengan mayoritas orang di luar Pulau Miyakejima yang masih harus diyakinkan akan guna masker demi kebaikan bersama di tengah pandemi.

Cara ke sana:

Traveler dapat pergi menuju Pulau Miyakejima dengan menaiki perahu boat dari Terminal Kapal Takeshiba selama 6,5 jam atau naik pesawat dari Bandara Chofu selama 50 menit.



Simak Video "Digelar Tahun Depan, Atlet-Penonton Olimpiade Tokyo Perlu Divaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA