Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Agu 2020 15:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ragusa Ibla Kota Tua di Sisilia, Megah Banget

Ciao Bella_Anik
detikTravel
Ragusa Ibla
Foto: Ciao Bella_Anik/d'Traveler
Ragusa -

Ragusa Ibla amat spesial karena merupakan kota tua dengan kemegahan arsitektur khas barok. Mewah banget!

Apa sih yang terpikir ketika kalian mendengar kata Ragusa? Pasti justru terbayang-bayang es krim dingin yang enak dinikmati saat cuaca panas. Ragusa Italia yang itu merupakan sebuah kedai ice cream di jantung kota Jakarta.

Ice cream itu juga ada di provinsi Ragusa, Sisilia di Italia. Dan, ice cream kota Ragusa itu merupakan es krim nomor 1 di Italia. Traveler bisa menjajal ciocolatta (cokelat), bacio (hazelnut cokelat), caffe (kopi), pesca (peach), dan pistachio.

Malah, andai melancong ke sini, traveler bakal disuguhi kota tua yang terkenal dengan arsitektur khas barok, yaitu Ragusa Ibla. Merujuk Asitag arsitektur barok menunjukkan kemegahan dan kekuasaan agar masyarakat pada saat itu tunduk dan patuh kepada monarki dan gereja.

Ragusa IblaRagusa Ibla Foto: Ciao Bella_Anik/d'Traveler

Arsitektur barok identik dengan desain yang berlebihan, dramatis dan lepas dari aturan. Bangunan yang dibangun pada masa Baroque memiliki penekanan pada pilar, kubah, cahaya yang kontras, lukisan di langit-langit bangunan, dan efek 3 dimensional yang dihasilkan dari pahatan.

Di Ragusa Ibla itulah pusat historis yang kaya akan bangunan antik, sebagian besar berarsitektur barok. Di satu sisi lain, ragusa membangun ragusa superior sebagai kota baru.

Pembagian itu bermula dari gempa bumi hebat yang memusnahkan setengah dari populasi dan menghancurkan kota pada 1693.

Terdapat total 18 bangunan yang dilindungi oleh UNESCO di Ragusa Ibla, terdiri dari 7 Palazzo (Istana), 5 Chiesa (Gereja), dan 2 Cattedrale (Katedral) dengan sekitar 9 bangunan UNESCO terdapat di Ragusa Ibla serta masih banyak lagi Chiesa dan Palazzo lainnya yang bisa kamu kunjungin selama berada di kota kecil sekitar 3 km dari kota modern Ragusa.

Di sini banyak sekali tanaman carob (khas Timur tengah) yang sekarang bahkan menjadi komoditi utama Sisilia (72 persen dari produksi agrikultur). Warga setempat menggunakan carob ini untuk ditambahkan ke cokelat, permen, kopi, bahkan bunga carob digunakan untuk campuran biskuit.

***

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Cia Anik, dan sudah tayang di d'Travelers Stories.Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Seru Banget Wisata Menjelajahi Thailand!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT