Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Agu 2020 19:57 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pulau yang Katanya Punya Mata Air Dewa

aniky
detikTravel
Arethusa Fountain
Foto: (Aniky/d'traveler) Arethusa Fountain
Jakarta -

Kata orang Sisilia tidak lengkap rasanya pergi ke Siracusa, Italia tanpa berkunjung ke Ortigia. Pulau kecil ini punya legenda menarik soal dewa.

Hal yang terpikir itu merupakan sebuah kota dengan bangunan-bangunan khas barok seperti yang terdapat di Ragusa Ibla. Ternyata Ortigia adalah pulau kecil yang menyimpan banyak sekali sejarah. Kita hanya bisa menikmati Ortigia dengan berjalan kaki atau menggunakan bis wisata yang disediakan untuk dapat mengelilingi pulau.

Karena letaknya yang berada di sekitar laut Mediterania maka lebih baik untuk memulai perjalanan dengan menyusuri bagian luar Ortigia sehingga kita bisa melihat arsitektur berupa pintu masuk dan benteng juga indahnya air laut berwarna kebiruan secara bersamaan.

Rencananya kami akan mengikuti tur mengelilingi Ortigia dengan menggunakan kapal tetapi karena angin kencang dan gelombang yang cukup tinggi akhirnya rencana harus batal. Tidak perlu kecewa karena masih banyak hal lain yang menarik dan bisa dilihat.

OrtigiaOrtigia Foto: (Aniky/d'traveler)

Setelah menelusuri bagian luar kita akan menemukan Arethusa Fountain yang menurut legenda merupakan tempat dimana Arethusa diubah menjadi mata air oleh dewi Artemis untuk melindunginya dari dewa sungai Alfeo untuk melindunginya. Sekarang tempat ini dijadikan tempat pertemuan oleh warga Siracusa dan merupakan tempat tumbuhnya tanaman papirus.

Berjalan ke alun-alun utama kita bisa melihat Cathedral of Siracusa yang terkenal dengan arsitektur khas barok dan pilar-pilar besarnya yang indah. Katedral ini merupakan adaptasi dari kuil Yunani dimana kolom Doric masih terlihat di dalam dan di luar katedral.

Piazza Archimedes merupakan alun-alun cantik yang dikelilingi oleh bangunan dari abad pertengahan sampai barok. Ditengahnya terdapat The Fountain of Diana merupakan air mancur yang tak kalah menawan karya pematung Giulio Muskets pada tahun 1906.

OrtigiaOrtigia Foto: (Aniky/d'traveler)

Ortigia juga terkenal dengan pertunjukan bonekanya atau Opera Dei Pupi. Pertunjukan ini pertama kali dikenalkan oleh keluarga Vaccaro-Mauceri sekitar abad ke 19. Satu-satunya teater boneka yang masih menggelar pertunjukan opera de pupi secara regular adalah Puppet Theater dan Lab milik keluarga Vaccaro-Mauceri di Ortigia perkumpulan pupari yang ada di Sisilia.

Keindahan laut, arsitektur bangunan, kelezatan makanan ditambah dengan sejarah berdirinya Ortigia membuat banyak wisatawan datang berkunjung setiap harinya.

***

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Aniky, dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Italia Tutup Bioskop, Gym, hingga Kolam Renang Demi Tekan Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA