Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Agu 2020 12:29 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Wisata Dayung Saat Musim Panas di Belanda

Danau di Belanda.
Wisata dayung di Danau Loosdrecht, Belanda (risti_24/d'Traveler)
Utrecht -

Penduduk Belanda terbiasa mengisi aktivitasnya di luar rumah saat musim panas. Termasuk wisata dayung yang menyenangkan.

Akhir pekan lalu, kami mendayung dan piknik di area Loosdrecht. Teriknya matahari di musim panas tetap saja membuat kawasan wisata Loosdrechtse plassen atau area Danau Loosdrecht ramai didatangi pengunjung. Kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata air yang terkenal, sekaligus juga cagar alam yang terletak antara Kota Amsterdam dan Kota Utrecht.

Di Kawasan yang sesungguhnya bernama de Wijdemeren ini, ada beberapa danau yang saling berdekatan. Salah satu yang paling terkenal adalah Loosdrechtse Plassen.

Ada beragam cara menikmati pesona alam di kawasan ini. Selain wisata air seperti mendayung, berenang, berlayar, ski air, sepeda air dll, kita pun masih bisa bersepeda dan berjalan-jalan, serta sekedar piknik di area pulau-pulau kecil antar danau serta di kawasan cagar alamnya.

Danau di Belanda.Santai di Danau Loosdrecht (risti_24/d'Traveler)

Saya pun tak melewatkan cerahnya cuaca di hari minggu untuk mendayung di danau Loosdrechtse plassen. Bersama suami dan dua sahabat, pagi hari kami sudah menuju Loosdrecht.

Jarak tempuh dari rumah kami sekitar 27 menit dengan kendaraan pribadi. Setelah berkeliling mencari tempat parkir di area wisata, akhirnya sampai juga kami di tempat penyewaan beragam jenis perahu dan antre menunggu giliran untuk memilih dan menggunakan tipe perahu yang kami inginkan. Harga sewa perahu dayung 30 Euro atau setara sekitar Rp 500 ribu.

Kami mendayung mengitari danau sesuai arahan dan petunjuk pada kartu peta, karena untuk menghindari kawasan cagar alamnya supaya tidak rusak.

Meski bukan untuk yang pertama kali, tapi tetap saja setiap kali mendayung di danau merasakan ketakjuban akan pesona alamnya yang indah, serta beragam jenis hewan dan tanaman air di sekitarnya.

Kami pun sempat berpiknik di salah satu area pulau kecil antar danau. Beristirahat sambil menyantap bekal makanan yang kami bawa dari rumah. Setelah cukup beristirahat, kami kembali melanjutkan perjalanan mengelilingi danau. Semua mendapatkan bagian untuk mendayung, kecuali saya, satu-satunya perempuan di perahu yang sibuk bikin dokumentasi.

Di masa pandemi ini, memang banyak aturan yang harus dijalankan warga sebisa mungkin. Bersyukur kami masih bisa menikmati musim panas tahun ini di kawasan wisata air Loosdrecht.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Ristiyanti Handayani dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Pagi yang Muram di Roermond Belanda, Kota Diterjang Banjir Dahsyat"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA