Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Agu 2020 09:06 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Intip Lagi, Suku-suku yang Dipimpin T'Challa di Wakanda

Syanti Mustika
detikTravel
Black Panther
Foto: dok Black Panther
Jakarta -

Pemeran utama dalam Black Panther, Chadwick Boseman meninggal dunia. Kita intip lagi suku-suku yang dipimpin di Wakanda yang ada di dunia nyata.

Sejak awal kemunculan film Marvel, Black Panther berhasil menarik perhatian dunia. Juga para pemerannya, terutama pemeran utama yang menjadi Black Panther sekaligus raja dari daratan bernama Wakanda, T'Challa yang diperankan Chadwick Boseman.

Hari Sabtu ini (29/8/2020) menjadi hari yang berat bagi penggemar Black Panther karena oemeran utamanya, Chadwick Boseman meninggal dunia karena kanker. Kita hanya bisa mengenang bagaimana dia memipin negerinya Wakanda yang ternyata ada versinya di dunia nyata.

Berikut suku-suku yang dipimpin T'Challa di Wakanda yang ada di dunia nyata.

1. Suku Dogon di Afrika Barat

Salah satu suku yang berpengaruh di dalam flim 'Black Panther' adalah Suku Dogon yang hidup di Mali, Afrika Barat. Suku ini berciri khas memiliki topeng yang unik untuk menutupi wajah. Topeng ini menjadi bagian budaya Dogon yang menunjukan keagungan dari nenek moyang mereka.

Suku Dogon juga dikenal dengan kemampuan astronomi mereka. Mereka mampu menghitung dengan akurat peristiwa kosmologi dan orbit-orbit bintang kuno.

2. Suku Himba di Namibia

Suku Himba di AfrikaSuku Himba di Afrika Foto: (CNN Travel)

Salah satu pimpinan lima suku yang dipimpin Black Panther mempunyai rambut gimbal yang seperti ditutupi tanah liat berwarna merah. Adapun suku yang memiliki tradisi melindungi rambut seperti itu adalah Suku Himba. Suku ini hidup di Kaokolad, Namibia.

Jika di dalam film yang berambut gimbal adalah laki-laki, namun sejatinya yang berambut merah di Afrika adalah perempuan. Apabila perempuan telah memasuki masa pubertas, maka dia harus menggunakan otjiza. Otjiza adalah campuran tanah berwarna merah dengan lemak yang nantinya dioleskan ke rambut para perempuan.

Tidak hanya rambut, perhiasan dan seluruh badan para perempuan Hemba dioleskan lumpur berwarna merah ini. Tujuannya sebagai pelindung dari terik matahari dan serangga.

3. Suku Suri di Ethiopia

Ingat adegan dimana T'Challa sang Raja Wakanda bertarung dengan Erik Killmonger untuk merebut tahta menjadi raja? Mereka bertarung satu lawan satu menggunakan tongkat. Pertarungan mereka ini ada di dunia nyata, dilakukan oleh Suku Suri.

Namun, di dunia nyata Suku Suri tidak bertarung untuk merebut tahta, namun pria Suri bertarung untuk merebutkan seorang wanita. Pertarungan ini disebut Donga, dimana dua pria berkelahi menggunakan tongkat tanpa pakaian, bertarung sampai salah satunya menyerah, bahkan sampai mati.

4. Suku Mursi di Ethiopia

kostum dan aksesori Black PantherFoto: istimewa/Twitter

Satu dintara lima suku yang dipimpin Black Panther, pimpinannya memiliki piringan bundar di bibirnya. Di dunia nyata, suku yang memiliki tradisi melobangkan bibir kemudian mengisi lubang tersebut dengan piringan bundar adalah Suku Mursi.

Adapun yang melakukan tradisi ni adalah wanita Mursi yang telah memasuki usia pubertas. Bibir mereka nantinya akan ditarik dan dilubangi dengan pisau kecil. Semakin bertambahnya usia, diameter piringan juga akan semakin besar. Bagi wanita Mursi, tradisi melubangi bibir ini sebagai tolak kecantikan. Semakin besar diameter piringan, semakin cantiklah dia.

5. Suku Maasai di Afrika Timur

ARUSHA, TANZANIA - NOVEMBER 09:  Maasai men prepare to greet Camilla, Duchess of Cornwall and Prince Charles, Prince of Walesas they visit  Majengo Maasai Boma on November 9, 2011 in Arusha, Tanzania. The Prince of Wales and the Duchess of Cornwall are on the final day of a four day tour of Tanzania after a successful trip to South Africa. The Royal couple will be highlighting environmental and social issues during their visit to Africa.  (Photo by Chris Jackson/Getty Images)Intip Lagi, Suku-suku yang Dipimpin T'Challa di Wakanda Foto: Getty Images

Di dalam film Black Panther, terdapat prajurit perempuan botak dengan kalung logam yang memenuhi leher mereka. Adapun di dunia nyata perempuan botak yang memiliki kalung yang beragam bentuk ini adalah wanita Suku Maasai.

Suku Maasai terkenal sebagai suku terkuat di Afrika. Para laki-lakinya saja berburu singa! Semua para pria Suku Maasai, begitu beranjak dewasa akan menjadi Empikas alias prajurit. Mereka siap menjaga wilayahnya, dengan senjata berupa tombak dan berburu hewan demi keberlangsungan hidup keluarganya.

Di dalam film Black Panther, suku ini diperlihatkan juga di karakter prajurit yang menjaga perbatasab. Ciri khas dari suku ini adalah para pria mengenakan jubah beragam corak.

Itulah 5 suku di Wakanada yang terinspirasi dari dunia nyata. Selamat jalan Raja Wakanda, T'Challa!



Simak Video "Patung Chadwick Boseman Akan Berdiri Gagah di Kampung Kelahirannya"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA