Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Agu 2020 10:43 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Can Tho, Kalimantan dari Vietnam

Lena Ellitan
detikTravel
Kota Can Tho
Foto: (Lena Ellitan/d'traveler)
Jakarta -

Vietnam punya kota bernama Can Tho. Kotanya cantik dan mirip-mirip Kalimantan.

Pariwisata berkembang pesat di Vietnam. Pada 2018, lebih dari 15 juta pelancong mengunjungi Vietnam. Arus kedatangan orang asing yang begitu besar telah menyebabkan beberapa daerah menjadi tujuan utama pejalan seperti Nha Trang dan Phu Quoc, dan sedikit mengesampingkan kota Can Tho dengan pesona otentik sebuah kota kecil, meskipun itu kota terbesar keempat di Vietnam.

Kota ini didirikan pada tahun 1739, dan telah berevolusi dari negara berdaulat menjadi pos kolonial menjadi seperti sekarang ini yaitu sebagai ibu kota de facto Delta Mekong.

Dataran Can Tho sangat subur dan luas di selatan Vietnam tempat Sungai Mekong terbagi menjadi labirin sungai-sungai kecil sebelum menuju ke Laut Cina Selatan. Lokasi itu memberi Can Tho keunggulan dibandingkan tujuan lain di Vietnam.

Can Tho memiliki semangat metropolis, tetapi tepat di luar batas kota, sungai begitu tenang - semua kanal-kanal yang terlihat damai, dan sawah-sawah memiliki pesona hijau giok serta desa-desa dengan keindahan memukau.

Kota Can ThoKota Can Tho Foto: (Lena Ellitan/d'traveler)

Salah satu atraksi utama Can Tho adalah pasar terapung Cai Rang yang besar, yang selalu hidup setiap hari saat fajar. Perdagangan terutama buah-buahan dan sayuran, dijual grosir, dalam jumlah besar, dari perahu yang lebih besar ke perahu yang lebih kecil.

Kapal-kapal besar mengiklankan barang dagangan mereka dengan menempelkan sampel pada tiang bambu panjang yang mencuat dari geladak mereka, sementara kapal yang lebih kecil memajang barang-barang mereka di lambung kapal.

Memberi isyarat kepada salah satu vendor perahu kecil dan mereka akan datang dengan cepat, dengan cekatan berhenti di samping perahu yang kita tumpangi untuk melakukan transaksi. Selain hasil bumi, beberapa perahu menawarkan makanan yang dimasak, bánh mì segar dan minuman (termasuk bir dan koktail).

Untuk menuju pasar terapung Cai Rang perjalanan kita mulai dari Dermaga Ninh Kieu, ruang publik seluas 7.000 meter persegi ini membentang sejajar dengan Jalan Hai Ba Trung dan menghadap ke Sungai Hau. Tempat ini juga merupakan tempat wisata yang populer, dengan pepohonan dan taman yang dirawat dengan hati-hati serta banyak restoran, bar dan hotel di dekatnya.

Kota Can ThoKota Can Tho Foto: (Lena Ellitan/d'traveler)

Salah satu atraksi utama adalah monumen Ho Chi Minh, yang menampilkan patung perunggu setinggi 7,2 m dari Paman Ho yang melambai.

Saat matahari terbenam, sungai menjadi hidup dengan pelayaran makan malam dan perahu pesta yang bersiap untuk tamasya malam. Untuk pemandangan panorama yang menakjubkan, susuri jembatan penyeberangan sepanjang 200 meter yang menghubungkan Ninh Kieu ke Cai Khe Islet.

Dibangun pada tahun 2016, jembatan ini menampilkan sepasang patung kuncup teratai raksasa futuristik dan diterangi dengan indah di malam hari. Can Tho bagi saya adalah salah satu kota di Mekong Delta dengan berbagai pesona.

****

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lena Ellitan dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Jejak Kerusakan di Vietnam Dihantam Topan Molave"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA