Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Sep 2020 10:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Serunya Menjelajahi Hutan Vietnam

Lena Ellitan
detikTravel
Hutan di Vietnam.
Menyusuri Hutan Tra Su di Vietnam (lena2/d'Traveler)
Chau Doc -

Vietnam umumnya lekat dengan wisata sejarah. Namun, ada juga Hutan Tra Su yang menarik untuk dijelajahi.

Hutan Tra Su adalah di antara banyak atraksi Chau Doc yang terletak di Provinsi An Giang. Perjalanan menyusuri delta sungai Mekong tidak akan lengkap jika tidak berlanjut sampai di Kota Chau Doc. Salah satu daya tarik kota ini adalah hutan Tra Su.

Setelah sekitar 1 km berjalan kaki dari tempat parkir ke titik awal wisata Hutan Tra Su, sebuah dermaga kecil, kita akan dijemput oleh perahu motor kecil panjang yang dapat melaju cukup cepat dan membawa 10- 12 orang), alat transportasi yang sangat umum di Vietnam Selatan. Perahu tersebut akan membawa kita melewati berbagai jalur air yang menarik. Naik Tac rang (perahu motor) untuk masuk ke dalam hutan.

Pertama-tama kita akan melewati area yang luas dengan jalan tanah kayu putih tua dan besar di satu sisi dan area luas yang tertutup air dan berbagai jenis pepohonan di sisi lainnya. Dalam perjalanan, banyak burung dan bangau di mana hutan ini adalah tempat hidup mereka.

Daerah rawa adalah tempat yang sempurna untuk ratusan spesies, mulai dari tumbuhan, ikan, siput, kepiting, katak, hingga spesies air yang merupakan sumber makanan yang baik bagi bangau dan burung yang hidup di atas.

Bagian selanjutnya jauh lebih sempit. Ini adalah kanal-kanal kecil yang dinaungi pohon-pohon berkeropeng dan bengkok, terutama kayu putih dan bakau. Kurangnya sinar matahari berarti lebih sejuk dan sedikit upaya untuk menjelajahi keanekaragaman hayati di daerah tersebut.

Hutan di Vietnam.Hutan Tra Su di Vietnam (lena2/d'Traveler)

Perahu dayung di kanal kecil, kadang-kadang beberapa bangau, kuntul atau beberapa burung menggoyang air di bawah kaki mereka dan menuju ke langit yang mungkin mengejutkan para turis dengan rasa ingin tahu yang besar atau terkadang mendesak mereka untuk kembali lagi untuk pengamatan yang lebih jelas. Pengunjung juga dapat memiliki banyak kesempatan untuk melihat sarang burung di pepohonan dengan kepadatan tinggi.

Dengan lebih dari 800 ha area yang sebagian besar tertutup kayu putih, hutan ini telah menjadi lokasi wisata sejak tahun 2005. Sebelum tahun 2005, hutan tersebut telah berumur panjang selama ratusan tahun.

Hutan ini memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem karena dapat membersihkan air, menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi ikan, spesies air, dan burung rawa seperti (bangau, burung dan ular. Diperkirakan terdapat 140 jenis tumbuhan, 70 jenis burung, 11 jenis satwa, 25 jenis reptilia, dan 23 jenis ikan. Namun, sebagian besar spesies di sini tidak beracun meski ada beberapa jenis ular. Jadi, nikmati waktu di sini tanpa khawatir.

Setelah naik perahu motor menuju pusat Hutan Tra Su, kita perlu berjalan kaki sekitar 500 meter lagi menuju area makan dan menara pengawas. Menara pengawal 5 lantai dan tinggi 14m, yang perlu sedikit usaha untuk sampai ke puncak. Ini adalah gedung tertinggi di daerah ini.

Di atas, pemandangan 360 menara pengawas dapat membantu Anda mendapatkan gambaran umum tentang hutan dan mencapai pemandangan ke beberapa gunung seperti Gunung Cam, Gunung Sam atau daerah perbatasan Kamboja - Vietnam.

Sebaiknya kita perlu beristirahat setelah sampai di puncak, di mana menara pengawas menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan angin paling sejuk sambil mengamati kehidupan sehari-hari burung.

Ada juga teleskop bagi mereka yang ingin mengetahui lebih detail tentang sarang burung atau melihat lebih dekat burung-burung di bawahnya saat mereka mencari makanan atau membangun sarang. Ritme kehidupan hutan seakan diekspos kepada para pengunjung, yang membuat suasana terasa hidup.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lena Ellitan dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Bakamla Tangkap 2 Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam di Perairan Natuna"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA