Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 31 Agu 2020 09:42 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Menikmati Pagi di Pasar Terapung Sungai Mekong

Lena Ellitan
detikTravel
Pasar Terapung Cai Rang di Delta Sungai Mekong
Foto: Lena Ellitan/d'traveler
Can Tho -

Pasar Terapung Cai Rang menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Delta Sungai Mekong tepatnya berada di Kota Can Tho Vietnam. Pasar terapung adalah bentuk bisnis unik di Delta Mekong Vietnam.

Cai Rang adalah pasar terapung terbesar di kawasan ini. Seperti kita ketahui, Sungai Mekong mengalir dari Tibet (China), melewati Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan mengalir langsung ke laut setelah Vietnam.Karena kepadatan sungai, sistem kanal, dan sistem lalu lintas darat yang tidak nyaman di masa lalu, kendaraan yang paling umum digunakan oleh penduduk lokal Delta Mekong adalah perahu kayu dan sampan.

Pasar Cai Rang terbentuk dengan tujuan penduduk Can Tho memiliki pasar di mana pedagang dapat menjual produk petani lokal. Penduduk lokal bersama-sama menggunakan perahu dan berkumpul bersama untuk menciptakan pasar terapung.

Biasanya, semua pasar terapung di Mekong Delta terletak di persimpangan sungai besar milik Sungai Mekong. Alasannya adalah mereka bisa menyebar dengan mudah untuk menemukan lebih banyak produk dan melakukan perjalanan ke daerah lain di Delta Mekong dari sudut sungai besar.

Saat kita berwisata ke Pasar Terapung Cai Rang, biasanya kita akan melihat ada batang bambu yang tinggi di setiap perahu. Para pedagang akan menggantungkan produk yang mereka jual di tongkat itu.

Misalnya jika kita melihat perahu yang menggantungkan nanas, tentunya para pedagang perahu ini siap menawari nanas. Fungsi pertama pasar terapung Cai Rang adalah pasar grosir. Namun berkat perkembangan pariwisata, pasar terapung Cai Rang saat ini menjadi tujuan wisata paling terkenal di Delta Mekong.

Untuk berwisata ke Pasar Terapung Cai Rang, kita harus mencapai Kota Can Tho terlebih dahulu. Kota Can Tho adalah kota besar di Delta Mekong dengan jumlah penduduk sekitar 1.500.000 jiwa.

Dengan banyaknya penduduk setempat, Kota Can Tho adalah ibu kota Delta Mekong. Tidak terlalu sulit untuk pergi ke Kota Can Tho. Anda bisa memesan tiket bus di Phuong Trang Busline atau Thanh Buoi Busline atau perusahaan bus mana pun yang bisa kita lihat di area backpacker.

Can Tho dapat ditempuh sekitar 4-5 jam dari Kota Ho Chi Minh. Tiket bus sekitar 10 USD.

Cara lain untuk pergi ke Can Tho City adalah pergi ke bandara Tan Son Nhat, membeli tiket pesawat dan hanya sekitar 30-45 menit, Bagi petualang sejati untuk pergi ke Kota Can Tho sendirian adalah menyewa sepeda motor, untuk pejalan usia tua seperti saya hal ini tidak saya rekomendasikan. Cara ini hanya untuk orang-orang yang cukup berani untuk berkendara di lalu lintas gila kita.

Setelah sampai di Kota Can Tho, untuk menuju pasar terapung dengan membeli tiket perahu di dermaga Ninh Kieu dengan harga sekitar 40.000 - 60.000 VND per orang. Waktu terbaik mengunjungi Pasar Terapung Cai Rang adalah di pagi hari.

Selain itu, banyak juga aktivitas yang bisa kamu nikmati bersama teman atau keluarga di Can Tho. Dua laki saya mengunjungi pasar ini dalam waktu yang berbeda ketika menyusuri Delta Sungai Mekong, namun tidak merasa bisa dan merindui untuk datang lagi ke Can Tho.

****

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Lena Ellitan dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Pasar Terapung, Banjarmasin "
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA