Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Sep 2020 12:58 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Menantang Maut di Gunung Hua China

Daniel Kus Hendarso
detikTravel
Gunung di China.
Wisata di Gunung Huashan, China (danielkh07/d'Traveler)
Shaanxi -

Gunung Huashan di Shaanxi tak hanya indah, tapi sarat objek wisata adrenalin. Salah satunya disebut paling mematikan di dunia.

Gunung Hua atau dalam Bahasa Mandarin dilafalkan dengan sebutan Huashan merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sangat popular di China. Letaknya di Provinsi Shaanxi, sekitar 120 km dari kota Xian. Sejauh ini belum ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Xian, tapi kita bisa transit di Guangzhou, Shanghai ataupun Beijing dan melanjutkan perjalanan ke Xian dengan pesawat maupun dengan Kereta Cepat.

Dari kota Xian, kita harus melanjutkan perjalanan naik kereta cepat sampai ke Huashan North Station. Dari stasiun ada bus gratis yang akan mengantarkan kita ke tempat penjualan tiket ke Huashan.

Ada beberapa cara untuk dapat sampai ke Puncak Huashan. Pertama dengan berjalan kaki, mendaki dari kaki gunung sampai ke puncak (jalannya sudah bagus) atau pun jika tidak ingin lelah mendaki, dapat menggunakan cable car.

Tiket masuk ke Huashan sendiri sekitar 160 RMB (sekitar Rp 320.000 dengan kurs 1 RMB Rp 2.000) untuk periode Maret sampai November, dan 100 RMB untuk bulan Desember sampai Februari. Tiket masuk huashan valid untuk 2 hari. Tiket cable car sendiri sekitar 280 RMB untuk pulang pergi atau pun 140 RMB untuk sekali jalan.

Gunung di China.Gunung Huashan di China (danielkh07/d'Traveler)

Terkait akomodasi tidak perlu pusing membawa tenda, karena di setiap puncak ada hotel untuk kita sekedar tidur. Ketika mengunjungi Huashan saya menginap di sebuah penginapan di puncak Huashan. Untuk kelas dormitory, satu kamar dengan 10 tempat tidur, harga per malamnya sekitar 200 RMB atau sekitar Rp 400.000.

Harga tersebut tergolong mahal, tapi dengan menginap di hotel tersebut kita bisa beristirahat dengan nyaman. Ada pasokan listrik yang cukup untuk sekedar mengisi baterai ponsel, ada pemanas di dalam kamar jadi tidak perlu kedinginan, lalu ada air panas 24 jam penuh, serta ada kamar mandi yang nyaman. Jadi harga tersebut masih bisa ditolerir.

Gunung Huashan sendiri dari zaman dahulu sudah dikenal sebagai gunung suci untuk umat agama Tao. Ada 5 puncak di Huashan yang masing masing puncaknya mempunyai pemandangan yang unik dan cantik. Kelima puncak tersebut yaitu Puncak Timur yang cocok untuk melihat matahari terbit, Puncak Barat dikenal dengan Lotus Flower Peak karena salah satu batu di sana berbentuk menyerupai bunga Teratai.

Gunung di China.Huashan Plank Walk atau Cliffside Path (danielkh07/d'Traveler)

Selain itu di tempat ini ada kuil Tao yang sudah berusia tua. Kuil tersebut adalah Kuil Cuiyun Palace. Puncak selatan merupakan Puncak Huashan yang paling tinggi, kira kira tingginya mencapai 2,160 m. Lalu ada Puncak Utara atau biasa dikenal dengan Cloud Terrace Peak. Terakhir adalah Puncak Tengah atau Jade Lady Peak karena di puncak ini terdapat kuil Tao bernama Jade Maiden Temple.

Untuk pelancong yang menyukai tantangan, jangan lupa untuk mencoba Huashan Plank Walk atau Cliffside Path yang merupakan salah satu atraksi tujuan utama para pelancong yang suka memicu adrenalinnya. Konon Huashan Plank Walk merupakan salah satu jalan paling berbahaya di dunia.

Huashan Plank Walk sendiri dibuat dengan pijakan kayu, lalu dilengkapi dengan pengaman slink baja yang dibangun di dinding tebing sehingga ketika melangkah di kayu tersebut seakan-akan kita berjalan di awan.

Untuk mencoba Huashan Plank Walk, pelancong cukup membayar 30 RMB untuk penitipan barang-barang bawaan kita di tempat yang disediakan. Karena lembar pijakan kayu yang sempit, Anda harus menempelkan badan ke tebing ketika berpapasan dengan pengunjung yang lain. Mencoba Huashan Plank Walk akan menjadi pengalaman yang paling berkesan bagi para pelancong.

---
Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Satria Gunawan, dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Traveler yang hobi berbagi cerita perjalanan, yuk kirim artikel, foto atau snapshot kepada detikTravel di d'Travelers. Link-nya di sini.



Simak Video "Konflik China dan Taiwan Makin Meruncing"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA