Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Sep 2020 11:02 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Unik! Museum Khusus Kata dan Bahasa Ada di Washington DC

Syanti Mustika
detikTravel
Planet Word Museum
Foto: (dok Planet Word Museum)
Washington -

Ada museum baru nan interaktif di Washington, Amerika Serikat. Museum ini didekasikan untuk kata dan bahasa yang akan dibuka pada musim gugur nanti.

Diberitakan Lonely Planet, museum ini bernama Planet Word. Jadwalnya museum ini seharusnya diresmikan pada musim semi, namun karena pandemi Corona pembukaannya pun ditunda. Rencananya, museum ini akan dibuka pada musim gugur mendatang tepatnya pada 22 Oktober 2020.

Museum ini memiliki luas 51.000 ribu kaki dan berada di Franklin School. Museum ini dirancang untuk mendidik kita tentang seni bahasa melalui pameran yang menarik tentang kata yang diucapkan, dinyanyikan, dan ditulis.

Planet Word MuseumPlanet Word Museum Foto: (dok Planet Word Museum)

Kenapa museum ini dibangun di kawasan Franklin School? Ternyata ada alasannya, pertama karena Franklin School adalah sekolah umum pertama yang dibuka di Washington DC. dan kedua karena di atap bangunan sekolah ini juga Alexander Graham Bell mencoba transmisi nirkabel pertama dari photophone-nya, sebuah penemuan yang menggunakan seberkas cahaya untuk mengirimkan suara.

Walau pembukaannya ditunda, Planet Word terus mengembangkan pamerannya dan menata museum menurut pedoman kesehatan masyarakat.

"Sekarang, kami bersiap untuk membuka Planet Word di bulan Oktober. Saya berterima kasih kepada para staf Planet Word dan semua mitra kami atas komitmen tak kenal lelah mereka untuk proyek ini. Saya sangat senang akhirnya dengan aman membuka museum pertama di dunia yang didedikasikan untuk menghidupkan bahasa," ungkap pendiri dan CEO Planet Word Ann Friedman.

Adapun keseruan yang bisa dinikmati pengunjung di museum ini adalah Planet Word akan melibatkan pengunjung melalui 11 galeri yang imersif. Salah satunya, para tamu dapat 'melukis' sebuah adegan dengan kata-kata menggunakan kuas kecil, yang nantinya akan mengubah lanskap dan pemandangan virtual.

[Gambas:Instagram]



Di sisi lain, Word Wall setinggi 22 kaki yang terdiri lebih dari 1.000 kata tiga dimensi akan menyala dan merespons suara, menceritakan kisah tentang bagaimana kata-kata ini masuk ke leksikon bahasa Inggris. Ada juga lampu gantung besar dengan 5.000 lampu LED akan menantang pengunjung dengan permainan kata yang menggabungkan bahasa dari lusinan lokal dan budaya, termasuk dua jenis bahasa isyarat.

Nah kamu yang ingin menantang diri untuk bernyanyi dapat mencoba karaoke, sementara mereka yang ingin mengasah keterampilan berbicara di depan umum dapat melafalkan pidato ikonik sepanjang sejarah.

Keren kan museum ini?



Simak Video "Pesawat Cessna Jatuh di AS, Timpa Mobil di Parkiran"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA