Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Sep 2020 13:47 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Hamparan Pelangi di Batu Caves Malaysia

Resa Noor
detikTravel
Batu Caves
Foto: Resa Noor Fauziah/d'traveler
Jakarta -

Kuala Lumpur merupakan salah satu kota di Malaysia yang mudah untuk dijelajahi, bahkan oleh para solo traveler. Ketersediaan akses transportasi yang cukup memadai, menjadikan alasan yang cukup untuk berjelajah dengan mudah.

Selain itu, di Malaysia sudah terdapat aplikasi taksi online yang juga memiliki tarif yang ramah di kantong. Jadi, untuk berjelajah di daerah agak sulit transportasi umum sekalipun menjadi lebih mudah dengan adanya taksi online.

Bergeser ke distrik Gombak Selangor, terdapat sebuah kuil yang di wajib dikunjungi. Kuil yang digunakan oleh umat Hindu ini, didirikan di atas Gua selain itu, tempat ini juga memiliki gaya arsitek yang sangat unik kuil itu bernama Batu Caves.

Tempat ini sudah tidak asing lagi di telinga para pelancong, bahkan sudah menjadi list mainstream bagi pelancong yang pertama kali mengunjungi Kuala Lumpur. Untuk sampai di Batu Caves, ada 2 alternatif yang menjadi pilihan saya. Berangkat dari China Town, kamu bisa naik kereta api dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam ditambah dengan berjalan kaki. Lalu coba bandingkan dengan aplikasi taksi online, dengan cost yang sama kamu bisa hemat waktu 30 menit untuk sampai di Batu Caves.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Batu Caves adalah pagi hari, dimana matahari belum terlalu tinggi dan akan mengurangi rasa lelah saat menaiki banyak anak tangga. Pada saat pertama sampai, di gerbang utama sudah terlihat banyak penjual oleh-oleh yang kental dengan budaya India.

Kamu akan menemukan banyak kudapan khas India disini. setelah melewati pasar oleh-oleh sudah kamu akan disuguhkan ribuan merpati jinak yang sedang memenuhi halaman Batu Caves. Selain itu, patung Dewa Murugan yang tinggi menjulang setinggi 42,7 meter sudah terlihat megah dari kejauhan.

Sebelum menaiki tangga menuju gua utama, disamping sebelah kiri terdapat kuil dengan banyak ukiran unik dan dilengkapi dengan cat warna-warni seperti pelangi menambah kekhasan kuil ini. Selain itu, tangga menuju gua utama juga memiliki warna- warna seperti pelangi yang menjadikan tempat ini memiliki daya tarik tersendiri.

Saat menaiki tangga untuk mencapai puncak gua, pastikan tetap waspada dengan barang bawaan disarankan tidak membawa makanan. Batu Caves merupakan cagar alam banyak monyet yang berkeliaran, dan mereka tidak sungkan untuk mengambil makanan jika kamu lengah.

Selain itu, jika kamu berkunjung pada bulan Januari hingga Februari kamu akan menemukan beberapa umat Hindu yang bahkan melakukan ritual Thaipusam. Biasanya, ada satu hari dimana puncak acara dilaksanakan. Dan umat Hindu dari berbagai negara bahkan wisatawan akan memenuhi kawasan ini.

Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Resa Noor, dan sudah tayang di d'Travelers Stories. Anda punya pengalaman liburan lainnya, segera kirim ke detikTravel lewat tautan ini.



Simak Video "Cegah Covid-19 Meluas, Malaysia Perpanjang Lockdown!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA