Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 18 Sep 2020 07:03 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Denmark Punya Wahana Panjat Dinding Gedung Tertinggi di Dunia

Putu Intan
detikTravel
Denmark Punya Wahana Panjat Dinding Gedung Tertinggi di Dunia
Foto: CopenHill Urban Mountain/Facebook
Copenhagen -

Gedung tertinggi di dunia sudah biasa. Namun apa jadinya jika gedung tinggi dilengkapi dengan wahana panjat dinding? Itulah yang disuguhkan sebuah gedung di Copenhagen, Denmark.

Gedung itu bernama CopenHill, sebuah gedung pembangkit listrik tenaga sampah yang terkenal dengan desainnya yang berkelanjutan dan mirip lereng ski. Gedung itu sendiri sudah ikonik namun kini ditambah lagi dengan sarana panjat dinding setinggi 279 kaki atau 85 meter.

"Dinding panjat ini terletak di sudut tertinggi pabrik yang mengubah limbah ke energi yang juga merupakan sudut tersibuk di gedung tempat para pemain ski, pelari, dan pekerja saling bertemu setiap hari. Kami bekerja sama dengan Denmark Climbing Association untuk mendapatkan masukan dari pemanjat yang terlatih di negeri ini,"kata desainer wahana panjat dinding, Jakob Lange sebagaimana diwartakan Matador Network.

Wahana panjat dinding ini tampak menyatu secara alami dengan desain gedung dan makin estetik dengan paduan tanaman di sana. Wahana ini sengaja dibuat mirip dengan jalur panjat tebing di gunung yang sebenarnya.

Denmark Punya Wahana Panjat Dinding Gedung Tertinggi di DuniaPanjat dinding tertinggi di dunia. (Foto: CopenHill Urban Mountain/Facebook)

Struktur pemanjatan ini dibuat oleh perusahaan Walltopia. Perusahaan itu menjelaskan keunikan memanjat dinding ini daripada memanjat tempat lainnya.

"Ini bukan dinding biasa. Misalnya, biasanya saat memanjat, Anda akan mengandalkan tali dan belayer untuk melindungi Anda jika jatuh. Namun, tidak ada tali yang cukup panjang untuk memanjat dinding setinggi itu. Di sini pemanjat harus berhenti di setiap bagian dan menarik talinya," ujar Kepala Penjualan Walltopia, Vasil Sharlanov.

Dinding panjat ini selesai dibangun pada tahun lalu. Namun untuk rute pemanjatannya belum diselesaikan sampai musim panas ini. Wahana panjat dinding ini akan dibuka pada musim gugur ini untuk pemanjat yang telah berpengalaman dan bersertifikat.

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA