Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Sep 2020 23:25 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Pesona Istana Sultan India Berusia 5 Abad yang Diubah Jadi Hotel

Putu Intan
detikTravel
Istana Samode di Rajasthan dulunya merupakan milik keluarga raja. Namun kini diubah menjadi hotel sehingga siapapun bisa menginap di sana.
Istana Samode yang diubah menjadi hotel. (Foto: Somendra Singh/CNN)
Jaipur -

Istana Samode di Rajasthan dulunya merupakan milik keluarga raja. Namun kini diubah menjadi hotel sehingga apapun bisa menginap di sana.

Traveler penggemar film Bollywood pasti tak asing dengan pemandangan Rajasthan, salah satu provinsi di India yang terkenal akan eksotisme bangunan-bangunannya. Salah satunya adalah Istana Samode atau Samode Palace yang telah berusia hampir 5 abad. Meski berusia tua, bangunan ini tetap indah dan kini menjadi hotel yang dapat diinapi pelancong.

Dilansir dari CNN, Rabu (30/9/2020) untuk mencapai Istana Samode, traveler dapat menempuh jalur darat sekitar 1 jam dari ibu kota Rajasthan, Jaipur. Sesampainya di lokasi, traveler dapat melihat bahwa bangunan ini menjadi saksi sejarah panjang India.

Bangunan ini dibangun pada abad ke-16 yang berfungsi sebagai benteng untuk melindungi penguasa lokal. Kemudian pada abad ke-19, benteng itu diubah menjadi istana mewah. Akhirnya pada 1987, istana ini renovasi menjadi hotel mewah.

"Bagi para tamu, ini adalah kesempatan untuk kembali ke sejarah...dan mengalami apa yang dialami keluarga kerajaan," kata Yadavendra Singh, keturunan penguasa yang membangun bentang dan sekarang menjadi salah satu pemilik hotel.

Istana Samode di Rajasthan dulunya merupakan milik keluarga raja. Namun kini diubah menjadi hotel sehingga siapapun bisa menginap di sana.Istana Samode. Foto: Taj/CNN

Singh bercerita awal mula ia mendapatkan ide untuk mengubah istana keluarganya menjadi hotel. Kala itu ia dan anak-anaknya menghabiskan akhir pekan dan liburan di Istana Samode. Kemudian pada tahun 1980-an, ia dan saudaranya, Raghavendra terinspirasi untuk membangun hotel yang dapat menampung lebih dari 80 tamu.

Lalu mereka menambahkan dua restoran dan kolam renang di atap gedung. Mereka tetap mempertahankan barang-barang warisan keluarga di sana, termasuk lukisan berwarna-warni dan Shish Mahal, aula cermin yang digunakan leluhur Singh sebagai tempat hiburan.

Ketika melakukan renovasi, Singh menceritakan sejumlah kendala yang dihadapi. Namun perjuangan untuk memadukan yang lama dengan sentuhan modern membuahkan hasil yang sepadan.

"Tantangan terbesarnya adalah dengan sangat estetis dan sangat sensitif mencoba dan memulihkan bangunan yang ada dan menambahkan fasilitas modern tanpa merusak pesona dunia lama," katanya.

"Itu (renovasi) telah membantu kami mempertahankan garis keturunan kami, budaya kami. Sementara para tamu mendapat kesempatan untuk mengalami masa lampau," ujarnya.

Jika ingin menginap di sini, siapkan budget mulai Rp 4 jutaan ya untuk menginap semalam. Apakah traveler tertarik menginap di Istana Samode?

(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA