Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 02 Okt 2020 21:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Karena Limbah Botol, Pantai Ini Jadi Punya Pasir Kaca

Bonauli
detikTravel
Ussuri Bay, pantai pasir kaca
Pantai Ussuri Bay (Getty Images/iStockphoto)
Vladivostok -

Rusia punya sebuah pantai unik bernama Ussuri Bay. Pasir pantainya berwarna-warni dan terbuat dari kaca!

Ussuri Bay, begitulah nama yang diberikan untuk pantai cantik ini. Pantai ini terletak di region Primorsky, Rusia. Untuk bisa ke sini, wisatawan bisa berkendara dari Kota Vladiovostok selama 30 menit saja.

Berbentuk teluk, pantai ini ada di Semenanjung Muravyov-Amursky di garis pantai Pasifik Rusia. Area ini jadi perbatasan dari Korea Utara dan China.

Untuk mengulas keunikan dari pantai ini, detikTravel ingin mengajak traveler untuk mundur sedikit ke masa lalu yang memiliki bagian penting dari terjadinya pasir kaca di Ussuri Bay.

Pantai Ussuri Bay bukanlah area wisata melainkan tempat pembuangan limbah botol dan keramik pada zaman Uni Soviet. Pecahan keramik tersebut dibuang begitu saja di pinggir pantai. Sehingga sangat berbahaya bagi manusia untuk datang ke sini saat itu.

Ussuri Bay, pantai pasir kacaUssuri Bay, pantai pasir kaca Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Namun alam membuat sampah limbah menjadi mahakarya. Karena adanya erosi dari air laut, pecahan keramik mulai terkikis pelan-pelan. Potongan kaca yang tajam mulai jadi halus.

Kekuatan air yang persisten membuat keramik yang besar mulai terkikis jadi semakin kecil. Waktu terus berjalan, pengikisan dalam waktu yang lama membuat limbah botol berubah jadi batuan kaca yang indah.

Ussuri Bay aslinya memiliki pasir vulkanik berwarna hitam dengan air laut yang jernih. Adanya batuan kaca di sana menambah keindahan wajah Ussuri Bay.

Botol dan keramik yang berwarna-warni kini jadi batuan kaca yang berpendar jika musim panas tiba. Pasir hitam yang jadi alas seakan jadi background yang cantik untuk mempercantik batu-batu kaca di sana.

Ussuri Bay, pantai pasir kacaUssuri Bay, pantai pasir kaca Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Saat musim dingin pemandangan pantai ini beda lagi, jadi lebih magis. Karena batuan kaca akan bersanding dengan salju-salju yang menempel.

Kini banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alami yang dibuat alam dari sampah manusia di pantai ini. Meski batuan kaca sudah terkikis namun wisatawan disarankan untuk menggunakan alas kaki.

Di balik keunikannya, Ussuri Bay mulai mengalami nasib sial. Karena keunikannya ini, banyak wisatawan yang datang dan membawa pulang batuan kacanya sebagai suvenir.

Jelas saja, batuan kaca yang unik tersebut lama-lama mulai berkurang. Belum lagi pengikisan air laut yang terus terjadi membuat batuan kaca akan semakin kecil bahkan menghilang. Diperkirakan pantai pasir kaca ini akan kembali ke bentuk aslinya. Mungkin Ussuri Bay ini bisa jadi bucket list-mu sebelum pasir kacanya menghilang.



Simak Video "Helikopter Rusia Ditembak Jatuh di Armenia"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA