Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Okt 2020 21:03 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kota di Italia Penduduknya Cuma 2 Orang, Tapi Tetap Pakai Masker

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Kota di Italia penduduknya cuma 2 orang, tapi patuh protokol kesehatan
Foto: Satu kota penduduknya cuma 2, tetap maskeran (Silvia Marchetti/CNN)
Nortosce -

Traveler pasti belum pernah mendengar tentang Nortosce, sebuah kota di Italia yang penduduknya cuma 2 orang. Meski cuma berdua, tapi mereka tetap pakai masker.

Nortosce adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Perugia, Italia. Nama kota kecil ini memang jauh dari hiruk pikuk dunia global, karena memang penduduknya cuma tinggal 2 orang saja.

Ya, betul Anda tidak salah baca. Cuma ada 2 orang saja yang masih tinggal di Nortosce. 2 Orang penduduk Nortosce yang dimaksud itu adalah Giovanni Carilli (82) dan Giampiero Nobili (74).

Di masa pandemi Corona seperti sekarang, kepatuhan Carilli dan Nobili terhadap protokol kesehatan patut diacungi jempol. Meski satu kota cuma ditinggali berdua saja dan tidak ada penduduk lainnya, mereka tetap memakai masker dan menjaga jarak kala bertemu satu sama lain.

"Saya takut setengah mati dengan virus itu. Jika saya sakit, saya sendirian, siapa yang akan merawat saya?" tanya Carilli, seperti dikutip dari CNN Travel, Jumat (23/10/2020).

Kota di Italia penduduknya cuma 2 orang, tapi patuh protokol kesehatanKota di Italia penduduknya cuma 2 orang, Giovanni Carilli dan Giampiero Nobili Foto: Silvia Marchetti/CNN


Sementara Nobili bersikeras bahwa memakai masker adalah soal kepatuhan terhadap aturan yang sudah ditetapkan, akan sangat tidak menghormati bila salah satu dari mereka abai terhadap aturan yang sudah disepakati bersama.

"Memakai masker dan menjaga jarak bukan hanya untuk alasan kesehatan saja. Ini bukan soal baik atau buruk. Jika ada aturan yang harus dipatuhi untuk kebaikan dirimu sendiri dan orang lain, maka patuhilah. Ini soal prinsip," tegas Nobili.

Di Nortosce tempat mereka tinggal, tidak ada toko obat, begitu pula dengan dokter. Kalau mereka sakit, mereka harus pergi ke kota terdekat yang mana berjarak cukup jauh dari kota dimana mereka tinggal.

Tentu saja itu jadi masalah tersendiri bagi mereka. Apalagi jika salah satu dari mereka positif tertular virus Corona. Oleh sebab itu, mereka sangat patuh terhadap protokol kesehatan.

Carlili dan Nobili selalu menjaga jarak setidaknya 1,5 meter setiap kali bertemu. Padahal ya satu kota isinya cuma mereka berdua saja. Itu karena mereka tidak ingin membahayakan satu sama lain. Sungguh suatu prinsip hidup yang patut kita contoh!

Kota di Italia penduduknya cuma 2 orang, tapi patuh protokol kesehatanMereka sangat patuh protokol kesehatan Foto: Silvia Marchetti/CNN

Di masa pensiun, Carlili dan Nobili hanya ingin hidup tenang di rumah mereka yang sederhana. Meski jauh dari hingar bingar kehidupan kota besar, tapi Carlili dan Nobili cukup bahagia bisa tinggal di Nortosce.

"Kami hidup dengan cara yang sangat sederhana. Yang kami punya hanya udara yang kaya oksigen, kedamaian, kesunyian dan air pegunungan yang sehat. Itulah jalan keselamatan kami. Setiap kali saya pergi ke kota besar, saya merasa sakit. Saya benci suara bising," kata Carilli.



Simak Video "Virus Corona Disebut Sudah Menyebar di Italia Sejak September 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
dRooftalk
×
Saat Militer Lucuti Baliho
Saat Militer Lucuti Baliho Selengkapnya