Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Nov 2020 10:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bunglon Terkecil Dunia di Pulau Mini dan Terancam Punah

Bonauli
detikTravel
Brookesia micra, bunglon terkecil dunia
(Getty Images/iStockphoto) Brookesia micra
Antananarivo -

Afrika memang habitatnya satwa-satwa unik dan langka. Di sebuah pulau kecil hiduplah bunglon terkecil dunia dengan status terancam punah.

Namanya adalah Brookesia micra, reptil ini masuk dalam genus Brookesia yang adalah keluarga bunglon mini. Dirangkum dari berbagai sumber, Brookesia micra tercatat sebagai bunglom terkecil dunia.

Hal ini terlihat jelas pada ukurannya yang hanya mencapai 2-3 cm saja. Kalau belum ngeh juga, bunglon ini seukuran pentol korek!

Dengan ukuran yang mini, Brookesia micra juga memiliki kemampuan kamuflase seperti bunglon lainnya. Si mungil ini juga punya kulit spinal di pungungnya, jumlahnya 11-12 ruas.

Warna coklat gelap pada tubuhnya membuat bunglon ini bisa menyatu sempurna pada batang pohon dan daun kering. Makin ke buntut warnanya makin cerah.

Brookesia micra, bunglon terkecil duniaBrookesia micra, bunglon terkecil dunia Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Jangan dikira Brookesia micra sudah ditemukan sejak dulu, salah! Bunglon mini ini baru ditemukan pada tahun 2012 oleh seorang ilmuwan asal AS bernama Ted Townsend.

Brookesia micra ditemukan di sebuah pulau kecil di Madagaskar, Nosy Hara. Pulau ini hanya memiliki luas 3,2 km persegi. Pulau ini dipenuhi dengan batuan karst atau kapur dan hutan kering.

Bunglon mungil ini sangat suka tinggal di tempat lembam. Oleh sebab itu mereka biasanya tidur di akar pohon besar, selembar daun atau rumput yang dekat permukaan tanah.

Menurut peneliti, reptil ini mengalami evolusi miniaturism atau perubahan tubuh menjadi kecil. Di perkirakan ukuran mereka 150 tahun lalu tidaklah sekecil ini.

Di samping itu, habitat bunglon ini juga menjadi salah satu faktornya. Pulau Nosy Hara tidak memiliki serangga besar, sehingga bunglon ini terus menyusut karena mangsanya berukuran mikro.

Brookesia micra, bunglon terkecil duniaHabitat Brookesia micra, Pulau Nosy Hara Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Mangsa dari Brookesia micra adalah serangga kecil. Mulai dari semut, apid hingga lalat buat. Sebagai makhluk diurnal, Brookesia micra akan berburu pada siang hari dan tidur di malam hari.

Ukurannya begitu mungil, tempat hidupnya pun di pulau kecil, namun Brookesia micra masih punya satu hal lagi yang membuatnya harus dijaga baik baik. Brookesia micra masuk dalam daftar hewan yang terancam punah.

Karena banyaknya penebangan hutan liar di sana, membuat Brookesia micra dangat mudah terinjak dan terbunuh. Kategori terancam punah ini sudah resmi dalam daftar IUCN (International Union for Conservation of Nature) Red List.



Simak Video "Edukasi dari Pecinta Reptil, Denpasar"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA