Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 11 Nov 2020 18:07 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini 10 Gedung Pencakar Langit yang Arsitekturnya Estetik Banget

Putu Intan
detikTravel
Rosewood Bangkok
Rosewood Bangkok. Foto: Connie Zhou
Jakarta -

Saat ini hampir semua negara memiliki gedung pencakar langit yang menarik. Tapi, ada 10 gedung pencakar langit yang arsitekturnya paling estetik. Apa saja ya?

Baru-baru ini lembaga penyedia informasi tentang proyek bangunan dan konstruksi yang berbasis di Hamburg, Jerman yakni Emporis, merilis daftar 10 gedung pencakar langit yang punya desain terbaik.

Penilaian itu mereka lakukan pada 2019 yang kemudian hasilnya diberikan melalui Emporis Skyscraper Award. Para juri melakukan penilaian berdasarkan dua kriteria yakni estetika dan fungsi dari desain setiap gedung.

Dari rilis Emporis yang diterima detikTravel, Rabu (11/11/2020), Lakhta Center di Rusia dinobatkan sebagai gedung pencakar langit terbaik. Gedung ini dinilai memiliki bentuk tak biasa dan menerapkan teknologi ramah lingkungan.

Nah, untuk lebih mengenal keistimewaan 10 gedung pencakar langit pilihan Emporis, simaknya penjelasannya berikut ini.

1. Lakhta Center

Ini 10 Gedung Pencakar Langit yang Arsitekturnya Estetik BangetLakhta Center. (Foto: dok. GORPROJECT via Emporis)

Lakhta Center sukses membuat para juri takjub karena desain bangunannya yang anti mainstream. Desain luar bangunan ini terdiri atas 5 sayap yang dapat berotasi sampai hampir 90 derajat.

Hal itu menciptakan kesan yang dinamis. Selain itu, desain tersebut juga memberikan bangunan bentuk nyala api yang berkobar yang menyerupai logo produsen gas alam Gazprom. Kebetulan, Gazprom sendiri memang berkantor di Lakhta Center.

Poin plus lainnya dari gedung yang terletak di St.Petersburg ini adalah penggunaan teknologi yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Sebagaimana diketahui, gedung ini terletak di Rusia yang suhunya amat dingin. Maka gedung ini diberi lapisan fasad kulit ganda yang mencegah hilangnya panas dan membuat gedung itu sangat hemat energi.

Di samping itu, bangunan setinggi 462 meter itu juga menggunakan teknologi radiator infra merah di mana panas berlebih tak akan hilang tetapi diumpankan kembali ke dalam sistem.

2. Leeza SOHO

Ini 10 Gedung Pencakar Langit yang Arsitekturnya Estetik BangetLeeza SOHO Foto: dok. Hufton+Crow via Emporis

Dari Rusia, kita mampir ke Beijing, China. Di sana terdapat gedung pencakar langit bernama Leeza SOHO yang tingginya mencapai 207 meter.

Gedung perkantoran dengan bentuk bulat dengan desain dalam yang memutar itu merupakan salah satu proyek terakhir yang dikerjakan arsitek Zaha Hadid sebelum ia wafat pada 2016.

Yang paling menarik bagi juri adalah bagian atrium menara yang membentang di seluruh bangunan dari atas ke bawah, dan dengan elegan membaginya menjadi dua bagian.

Atrium itu memiliki tinggi 194 meter dan membuatnya menjadi yang tertinggi di dunia.

Gedung pencakar langit itu juga dikelilingi lapisan kaca sehingga gedung itu akan mendapatkan cahaya yang cukup setiap harinya. Selain itu, para penghuninya juga dapat melihat pemandangan Beijing yang sibuk.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
BERITA TERKAIT
BACA JUGA