Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Nov 2020 17:12 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

10 Danau Terbesar di Dunia, Ada yang Disebut Laut Lho

Lusiana Mustinda
detikTravel
Laut Kaspia dilihat dari Dagustu Park, Baku (Nograhany WK/detikcom)
Foto: Laut Kaspia dilihat dari Dagustu Park, Baku (Nograhany WK/detikcom)
Jakarta -

Pada umumnya danau terbesar di dunia terbentuk melalui proses glasial, aktivitas tektonik, aktivitas vulkanik ataupun manusia sengaja menciptakannya.

Danau terbesar di dunia ditemukan di atas pegunungan hingga di permukaan laut. Danau bisa berupa air asin atau air tawar, cekungan endorheik atau memiliki saluran buatan buatan manusia.

Danau tersebut juga memiliki kedalaman, panjang hingga volume yang bervariasi.

Berikut beberapa danau terbesar di dunia yang perlu diketahui:

1. Laut Kaspia


Meskipun namanya laut, tetapi ini adalah salah satu danau terbesar di dunia karena benar-benar terkurung daratan dan membentang di lima negara yang berbeda.

Bangsa Romawi menyebutnya laut karena air Kaspia berasa asin.

Laut kaspia adalah danau terbesar di dunia yang memiliki luas total 371.000 kilometer persegi dan sebenarnya berada di bawah permukaan laut seluas 28 meter.

Danau kuno ini berusia lebih dari 5,5 juta tahun dan dibagi menjadi tiga wilayah berbeda yaitu Kaspia Utara, Tengah dan Selatan.

Kaspia Utara sangat dangkal dan hanya menampung satu persen dari total volume air, kemudian turun di Kaspia Tengah.

Kaspia Selatan adalah yang terdalam dan memiliki 66 persen volume air danau dan merupakan bagian danau yang paling hangat dan paling banyak dikunjungi.

View to Baku from bird's eyeLaut Kaspia Foto: iStock

2. Danau Superior


Terletak di provinsi Ontario di Kanada dan negara bagian Michigan, Minnesota dan Wisconsin di

AS, Danau Superior adalah yang terbesar di antara Danau Besar di Amerika Utara dan danau air tawar terbesar di dunia

Danau terbesar di dunia ini memiliki luas permukaan 82.100 kilometer persegi dan berada di ketinggian 183 meter di atas permukaan laut.

Danau Superior memiliki garis pantai sepanjang 2.783 kilometer serta menjadi rumah bagi banyak pulau. Kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata yang indah.

Danau Superior juga memiliki beberapa area wisata lain di sekitarnya seperti air terjun Kakabeka setinggi 40 meter hingga Great Lakes Aquarium.

surfingDanau Superior Foto: (jamceramicart/Instagram)

3. Danau Victoria


Danau Victoria adalah yang terbesar dari Danau Besar Afrika dan memiliki luas 68.870 kilometer persegi dan menjadi danau tropis terbesar di dunia.

Sebagian besar danau berada di Tanzania (49 persen) sementara 45 persen berada di Uganda dan hanya enam persen di Kenya.

Danau Victoria terkenal dengan satwa liarnya yang luar biasa terutama ikan Cichlid yang kini endemik serta spesies langka lainnya seperti ikan lele laut dalam Danau Victoria dan Xenobarbus loveridgei.

Ada juga hewan lain yang hidup di sekitar danau seperti kuda nil hingga berang-berang raksasa.

4. Danau Huron


Danau ini juga disebut dengan Great Lakes. Danau Huron terletak di Ontario Kanada dan Michigan, Amerika Serikat.

Ini adalah tujuan musim panas yang populer dengan banyak orang yang memiliki rumah bagi pulau danau terbesar di dunia yakni Pulau Manitoulin yang menjadi tujuan wisata populer.

Ada banyak tujuan wisata lain yang berada di sepanjang danau termasuk Pantai Wasaga, Goderich, Jembatan Mackinac dan Taman Nasional Bruce Peninsula.

5. Danau Michigan


Danau terbesar di dunia yang kelima adalah Danau Michigan. Ini merupakan satu-satunya danau yang seluruhnya berlokasi di Amerika Serikat.

Danau Michigan ini membentang hampir 500 kilometer di empat negara bagian seperti Wisconsin, Illinois, Indiana dan Michigan.

Danau seluas 58.000 kilometer persegi ini merupakan moda transportasi utama dengan pelabuhan terbesar di sepanjang garis pantainya sepanjang 23.000 kilometer adalah Pelabuhan Chicago.

Di danau ini juga banyak kapal penumpang yang berlalu lalang untuk kegiatan rekreasi. Dan danau ini juga populer sebagai tempat memancing.

Steam is seen above Lake Michigan during subzero temperatures carried by the polar vortex in Chicago, Illinois, U.S., January 30, 2019, in this picture obtained from social media. Mandatory credit IRSHAAD GOEDAR/via REUTERS THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. MANDATORY CREDIT. NO RESALES. NO ARCHIVES. THIS IMAGE WAS PROCESSED BY REUTERS TO ENHANCE QUALITY - AN UNPROCESSED VERSION HAS BEEN PROVIDED SEPARATELY.Danau Michigan saat membeku Foto: IRSHAAD GOEDAR/via REUTERS

Danau terbesar dunia selanjutnya: Danau Tanganyika

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pesona Danau Linow, Tomohon"
[Gambas:Video 20detik]

BERITA TERKAIT
BACA JUGA