Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 29 Nov 2020 07:42 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Pantai Aneh Banget, Enggak Punya Laut

Bonauli
detikTravel
Pantai Gulpiyuri
Pantai Gulpiyuri (iStock)
Llianes -

Spanyol punya sebuah pantai unik bin ajaib. Tak ada pemandangan laut, yang dipunya adalah tebing.

Namanya Pantai Gulpiyuri di Kota Llanes, Spanyol. Pantai ini dikenal dengan mama Playa de Gulpiyuri di kalangan wisatawan karena bentuknya yang tidak biasa.

Tidak biasa bagaimana? Pantai ini tidak memiliki laut, di depannya terpampang padang rumput dengan tebing batu tinggi. Di samping laut, pantai ini masih memiliki beberapa unsur pantai lainnya dan terlihat cantik.

Fenomena ini memang unik. Menurut para ahli, terdapat terowongan bawah tanah pada salah satu sisi tebing Bay of Biscay. Gelombang laut mengikis perbukitan dan jadilah goa bawah tanah.

Sehingga arus Laut Cantabrian membawa air dari teluk Biscay sejauh 80 meter. Fenomena ini sudah terjadi sejak jutaan tahun lalu.

Pantai GulpiyuriPantai Gulpiyuri Foto: (iStock)

Ini mengapa, airnya tetap asin. Pasir pantai ini pun dibawa oleh arus dan melengkung indah di sana. Panjang garis panyainya hanya 40 meter dengan lebar 15 meter.

Seperti pantai pada umumnya, Pantai Gulpiyuri juga mengalami pasang surut. Kalau sedang pasang, air di pantai ini akan banyak. Sementara kalau surut bisa-bisa hanya seperti kolam anak-anak saja.

Karena fenomena ini, banyak turis yang datang untuk melihat langsung. Tak ayal, Pantai Gulpiyuri masuk dalam deretan pantai unik dunia.

Pantai GulpiyuriPantai Gulpiyuri Foto: (iStock)

Bayangkan, kamu tidak perlu takut akan ada ombak besar yang menerjang. Kamu bisa berjemur dan berenang dengan aman karena adanya tebing yang menjadi batas laut. Oiya, tak ada karang atau ikan-ikan lucu yang bisa kamu temui ya di sini.

Pemerintah Spanyol menetapkan Pantai Gulpiyuri sebagai destinasi yang dilindungi. Mungkin, pantai cantik ini bikin kamu makin ingin liburan ke Spanyol, ya!

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA