Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Nov 2020 11:09 WIB

TRAVEL NEWS

Negara Termiskin di Dunia 2020, Ada yang Memiliki Savana Eksotis

Puti Yasmin
detikTravel
Di beberapa negara Afrika orang albino kerap dianggap punya kekuatan magis. Kepercayaan itu membuat orang albino diculik dan diburu demi diambil bagian tubuhnya.
Foto: AP Photo/Thoko Chikondi/Negara Termiskin di Dunia 2020, Ada yang Memiliki Savana Eksotis
Jakarta -

Perekonomian di setiap negara di dunia berbeda-beda. Bahkan, di tahun 2020 ada negara yang masuk ke dalam kategori negara termiskin di dunia. Negara mana saja?

Suatu wilayah masuk dalam daftar negara termiskin dunia diukur dari beberapa faktor, yakni produk domestik bruto (PDB) per kapita hingga paritas daya beli (PPP).

Walaupun digolongkan sebagai negara miskin. Negara-negara tersebut memiliki pariwisata yang tak kalah menarik, salah satunya ada savana yang eksotis.

Berikut daftar negara termiskin di dunia dikutip dari Global Finance:

1. Burundi

Burundi adalah negara kecil yang berada di benua Afrika. Kemiskinan di negara ini disebabkan adanya konflik etnis Hutu-Tutsi, hingga kurangnya infrastruktur yang memadai.

Sekitar 90% atau 12 juta masyarakatnya bekerja di sektor pertanian. Hal itu pun membuat PDB atas dasar paritas daya beli di negara ini sebesar US$ 727 atau setara dengan Rp 10,1 juta (kurs Rp 14.000).

Ada berbagai keindahan alam yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Burundi, seperti hutan Kibiria National Park dan Rusizi. Pengunjung bisa melihat kehidupan hewan secara langsung.

Wabah malaria telah menewaskan lebih dari 1.800 orang di Burundi, Afrika tahun ini.Burundi, Afrika Foto: Reuters

2. Republik Afrika Tengah

Walaupun negara ini memiliki limpahan tambang emas, minyak, uranium, dan berlian, Republik Afrika Tengah masuk dalam kategori negara termiskin di dunia. Adapun PDB atas dasar paritas daya beli hanya sebesar US$ 823 atau setara dengan Rp 11,5 juta (kurs Rp 14.000).

Adapun, Republik Afrika Tengah mendapatkan kemerdekaan pertama kali pada tahun 1960 dari Prancis. Masyarakat di sini 75% hidup di bawah garis kemiskinan.

Republik Afrika Tengah memiliki keindahan alam, seperti sungai bernama Chinko, air terjun CHutes de Boali. Selain itu, ada juga gereja Notre-Dame of Bangui yang biasa dikunjungi wisatawan.

Anak-anak di Republik Afrika Tengah menghadapi resiko penyakit dan kematian yang lebih tinggi dari negara terkaya di dunia. Gizi buruk termasuk salah satunya.Anak-anak di Republik Afrika Tengah menghadapi resiko penyakit dan kematian yang lebih tinggi dari negara terkaya di dunia. Gizi buruk termasuk salah satunya. Foto: Reuters

3. Republik Demokrasi Kongo

Pada tahun 2001 ada sekitar 6 juta orang di negara ini meninggal dunia. Hal itu dikarenakan konflik perkelahian, penyakit, hingga malnutrisi yang terjadi di masyarakatnya.

Walaupun banyak warganya yang hidup di bawah garis kemiskinan, Bank Dunia memprediksi Kongo memiliki potensi menjadi negara terkaya di Afrika dengan ekonomi yang stabil. Saat ini, PDB atas dasar paritas daya beli Kongo sebesar US$ 849 atau setara dengan Rp 11,8 juta (kurs Rp 14.000).

Kongo memiliki beragam hewan liar, salah satunya adalah gorila. Pengunjung bisa datang ke Kahuzi-Biega National Park dan melihat langsung bagaimana kehidupan gorila di sana lho.

Kongo dan Angola melakukan vaksinasi massal darurat untuk mengatasi wabah demam kuningKongo saat terkena demam kuning Foto: REUTERS/Kenny Katombe/Files

4. Eritrea

Negara ini bergantung pada pertambangan dan pertanian. Namun, kedua komoditas tersebut diketahui sangat rentan terhadap fluktuasi harga dan iklim sehingga perekonomian di Eritrea tidak stabil.

Sekitar 65% penduduknya tinggal di pedesaan dan 80% di antaranya bekerja hanya dari sektor pertanian. Saat ini PDB atas dasar paritas daya beli Eritrea sebesar US$ 1.060 atau setara dengan Rp 14,8 juta (kurs Rp 14.000).

Negara di AfrikaNegara di Afrika, Eritrea Foto: (Thinkstock)

5. Niger

Negara di Afrika ini sebagian besar ditutupi oleh gurun Sahara. Akibatnya, ketahanan pangan di negara ini kurang, tingkat penyakit dan kematian masyarakatnya pun tinggi sehingga Niger masuk ke dalam negara termiskin di dunia.

Saat ini, perekonomian Niger dibantu dari sektor pertambangan, yakni emas dan uranium. Dengan hal itu, PDB atas dasar paritas daya beli sebesar US$ 1.106 atau setara Rp 15,4 juta (kurs Rp 14.000).

Bosan dengan pemandangan alam, ada banyak bangunan di Niger yang bisa menjadi tujuan wisata detikers lho. Misalnya saja masjid Grande Mosquee d'Agadez yang memiliki bentuk unik seperti menara.

Masjid Segitiga di Dunia - Masjid Agadez, NigerMasjid Segitiga di Dunia - Masjid Agadez, Niger Foto: (iStock)


Negara termiskin di dunia berikutnya adalah Malawi

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA