Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 30 Nov 2020 07:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bukan Sulap Bukan Sihir, Pantai Ini Keluarkan Air Panas dari Pasir

Bonauli
detikTravel
Hot Water Beach di New Zealand
Hot Water Beach, pantainya punya kolam air panas dan diburu wisatawan. (Getty Images/iStockphoto)
Semanjung Coromandel -

Biasanya kolam air panas identik dengan wisata pegunungan. Tapi di New Zealand, kolam air panas itu bisa ditemukan di pinggir pantai.

Adalah Hot Water Beach yang terletak di pantai timur Semenanjung Coromandel, Selandia Baru. Selain pemandangan yang cantik, pantai ini juga tenar dengan air panas yang keluar dari pasirnya.

Sumber air panas ini jadi fenomena langka dunia. Wisatawan yang mau merasakan air panas di pinggir pantai harus menyiapkan dua hal, sekop dan ember.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, traveler bisa langsung menggali pasir dan air panas akan keluar dari sana. Kebanyakan galian pasir dibuat seperti kolam kecil.

Semakin dalam galiannya, maka air yang keluar semakin panas. Suhu air panasnya mencapai 64 derajat celcius.

Hot Water Beach di New ZealandHot Water Beach di New Zealand Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Air panas dari pasir pantai ini tidak muncul setiap saat, namun cuma bisa diakses pada waktu tertentu saja. Waktu terbaik menikmatinya adalah saat air surut. Meskipun keadaan surut, namun traveler diminta untuk tetap memperhatikan gelombang pantai yang besar.

Air panas yang keluar dari pasir sebenarnya hanya air laut yang meresap ke bawah. Namun adanya retakan di kerak bumi membuat air resapan tersebut jadi panas alami.

Kalau mau rendaman kaki, kamu bisa langsung menikmatinya setelah pasir digali. Tapi kalau mau berendam, traveler harus sedikit bersabar menunggu air keluar setelah digali.

Hot Water Beach di New ZealandHot Water Beach di New Zealand Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Karena pantai ini ramai, biasanya sudah ada bekas galian di pinggir pantai. Tapi kalau jadi yang pertama datang di pagi hari, traveler harus menggali kolam baru bisa menikmati air panas alami di Hot Water Beach.

Selain berendam, traveler juga bisa berenang dan bermain kayaking di Hot Water Beach. Kamu penasaran buat mencobanya?

(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA