Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Des 2020 10:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kuil Buddha Tidur dan Koin Pengabul Permintaan

Lena Ellitan
detikTravel
Wat Pho
Wat Pho (Lena Ellitan/d'traveler)
Jakarta -

Wat Pho adalah Kuil Buddha Tidur yang populer di Thailand. Mitosnya keinginan kita akan terkabul jika kita melemparkan koin di sana.

Wat Pho berada tepat di belakang Kuil Buddha Zamrud yang wajib kunjungi bagi setiap pejalan yang singgah di ibukota negara Thailand yaitu Bangkok.

Sebagai salah satu kompleks kuil terbesar di Bangkok Wat Pho terkenal karena Buddha berbaring besarnya 46 meter dengan warna emas.

Sangat mudah untuk menuju Wat Pho yaitu dengan 10 menit berjalan dari Grand Palace. Walaupun Buddha emas di sini sama populernya dengan Grand Palace, sayangnya belum semua pejalan meluangkan waktu untuk menjelajah di sekitar sisa kompleks merasakan pengalaman baru yang lebih santai. Kawasan sekitar Wat Pho juga merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan pijatan tradisional Thailand.

Puncak bagi kebanyakan orang yang mengunjungi Wat Pho adalah Reclining Buddha (Budha Tidur). Patung Budha ini memiliki tinggi 15 meter, panjang 46 meter, begitu besar sehingga rasanya seperti terjepit ke dalam gedung.

Kaki Buddha panjangnya 5 meter dan didekorasi dengan indah dalam ilustrasi laksana keberuntungan (karakteristik) Buddha. Angka 108 penting di Kuil ini, merujuk pada 108 tindakan dan simbol positif yang membantu membimbing Buddha menuju kesempurnaan.

Pengunjung harus melepas sepatu untuk masuk, dan jika ingin sedikit keberuntungan, biasanya pengunjung ditawari membeli semangkuk koin di pintu masuk aula yang dapat sehingga kita dapat melemparkan ke dalam 108 mangkuk perunggu yang melapisi panjang dinding dinding.

Menjatuhkan uang kecil dalam membuat suara dering koin. Katanya kalau bisa mengisi semua maka keinginan kita akan terkabul. Jika keinginan kita tidak menjadi kenyataan, setidaknya uang itu digunakan untuk membantu para biksu merenovasi dan melestarikan Wat Pho.

Pengunjung Wat Pho dapat menggunakan panduan berbahasa Inggris yang baik yang akan memberikan informasi menarik sekitar 200 atau 400 baht, Namun jika kita ingin bebas maka baiknya berkeliaran saja di kawasan ini dengan tidak ada siapapun yang mengganggu, seperti yang saya lakukan.

Sesekali kita boleh meminta pengunjung lain untuk mengambilkan foto diri kita. Silakan pejalan menjelajah Wat Pho di Maharat Road, dekat dengan sungai (dalam jarak satu kilometer selatan Istana Negara di Kota Tua (Rattanakosin).

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA