Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Des 2020 09:50 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Festival Kain Sutera Thailand yang Meriah di Tengah Pandemi

Firmansyah
detikTravel
Festival Kain Sutera Thailand
Foto: (Firmansyah/d'Ttraveler)
Jakarta -

Meski di tengah pandemi, Thailand tetap melaksanakan Festival Kain Sutera karena warisan budaya. Begini meriahnya Festival Kain Sutera.

Jalur sutera yang membentang dari Timur ke Barat ternyata punya kisah masing-masing, tak terkecuali di Thailand. Dulu, kain sutera merupakan komoditas utama perdagangan pada jalur tersebut.

Kisah jalur sutera masyhur hingga sekarang serta menginspirasi para negara Greater Mekong Subregion/GMS (Thailand, Myanmar, Laos, Kamboja, Vietnam, provinsi Yunnan China) untuk menghidupkan kembali jalur tersebut.

Kini, kain sutera masih menjadi primadona, termasuk di provinsi Khon Kaen yang merupakan salah satu daerah penghasil kain sutera terbaik di Thailand. Di perjalanan kali ini, saya mengunjungi festival kain sutera yang diadakan di Khon Kaen.

Festival Kain Sutera ThailandFestival Kain Sutera Thailand Foto: (Firmansyah/d'Ttraveler)

Jarak dari Khon Kaen ke Bangkok adalah 500 km, yang bisa ditempuh dengan pesawat selama 1 jam. Bus juga bisa menjadi alternatif kendaraan lain dengan waktu tempuh selama 5 jam.

Menurut informasi setempat, festival kain sutera Khon Kaen adalah acara tahunan yang diadakan selama sepuluh hari mulai dari akhir November sampai awal Desember. Pada tahun ini, festival diadakan pada tanggal 29 November-10 Desember 2020 dan sudah memasuki tahun ke-40 karena pertama kali diadakan pada tahun 1980.

Acara ini memamerkan kain sutera lokal, kain khas yang berasal dari para negara GMS dan kain tradisional lainnya. Harga kain sutera yang dijual harganya bervariasi, mulai dari 3.000 baht sampai 20.000 baht (Rp 1,5 juta-9 juta). Selain itu, berbagai kegiatan lainnya termasuk parade dan pertunjukan musik Isan dan mor lam, tarian Isan juga ditampilkan di festival ini.

Festival Kain Sutera ThailandFestival Kain Sutera Thailand Foto: (Firmansyah/d'Ttraveler)

Selain kain sutera, banyak pernak-pernik yang dijual di festival ini. Seperti makanan khas Thailand, alat musik tradisional, baju adat, dan lain-lain. Saya juga melihat beberapa gerbang masuk festivalnya dihiasi dengan slogan One Tambon One Product/OTOP, yaitu satu tambon/kecamatan satu produk. Slogan yang memang gencar dijadikan program untuk mengembangkan UMKM lokal yang difasilitasi pemerintah setempat.

Festival kain sutera ini bisa dijadikan sebagai wahana belanja bagi para pengoleksi kain dari berbagai daerah/dunia. Anak-anak juga bisa mengunjungi festival ini karena banyak permainan layaknya pasar malam yang ada di Indonesia. Atau siapapun juga yang ingin menginginkan festival alternatif, festival kain sutera Khon Kaen ini bisa dikunjungi.

(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA