Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Des 2020 08:41 WIB

TRAVEL NEWS

Kilas Balik Rencana Sandiaga Uno soal Wisata Saat Kampanye Pilkada DKI-Pilpres

Tempat Jogging Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Instagram/sandiuno)
Jakarta -

Sandiaga Uno pernah menyinggung soal pariwisata pada kampanye pilkada DKI Jakarta hingga pemilihan presiden. Yuk, simak lagi.

Pariwisata menjadi program yang didengungkan Sandiaga ketika berkampanye sebagai wapres ataupun wakil gubernur DKI. Dari wisata Betawi, wisata halal di Bali, juga yang lainnya.

Kini, Sandiaga mendapatkan pekerjaan baru sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (menaprekraf). Presiden Joko Widodo mempercayakan jabatan itu pada Selasa (22/12/2020).

Rencananya, Sandiaga dan menteri baru lainnya dilantik hari ini, 23 Desember. Sebelum dilantik, mari simak lagi kampanye politisi Gerindra itu untuk sektor wisata.

Berikut kilas balik rencana Sandiaga Uno dalam kampanyenya waktu itu:

Pilkada DKI 2017

1. Buat akses mudah ke museum dan perbaikan di dalamnya

Jakarta punya lebih dari 100 museum, destinasi wisata edukasi. Cagub-Cawagub DKI, Anies-Sandi saat itu punya cara agar makin banyak turis tertarik datang ke museum.

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno kompak mengatakan bahwa transportasi ke museum di Jakarta nantinya akan lebih dipersiapkan, sehingga wisatawan lebih mudah datang ke sana.

Ia mengatakan bahwa sebenarnya ada 142 museum di Jakarta. Namun kurang populer di kalangan wisatawan dan aksesnya pun tidak semuanya mudah dijangkau.

Sedangkan untuk di dalam museumnya juga akan dibuat lebih interaktif. Penjelasan dari berbagai koleksi yang dipajang tak sekadar tulisan panjang saja.

2. Memoles destinasi wisata budaya Betawi

Anies dan Sandi dalam beberapa kesempatan mengungkap rencananya memoles destinasi wisata budaya Betawi. Tujuannya supaya wisatawan tidak hanya pergi ke Taman Mini atau Monas saja.

"Kalau biasanya wisatawan ke Taman Mini sama Monas kan, kita ingin mereka juga ke tempat lain yang menarik di Jakarta. Bisa ke Condet dan Setu Babakan, meski di pinggiran tapi itu Betawi-nya kuat sekali," kata Sandi.

3. Wisata edukasi untuk warga kurang mampu

Masyarakat kelas menengah ke bawah punya sedikit kesempatan untuk piknik dan jalan-jalan. Anies saat berkampanye di Pademangan pada 13 Desember 2016 pernah berjanji untuk menyiapkan program wisata edukasi untuk warga yang kurang mampu.

Anies mengatakan program tersebut akan sepenuhnya gratis bagi warga yang kurang mampu serta digilir setiap kelurahan dan bersifat wisata edukasi. Tujuan wisatanya adalah ke beberapa museum. Kendaraan akan disiapkan oleh Pemprov DKI.

"Sehingga tidak hanya yang berkesempatan hanya warga yang makmur saja. Kesejahteraan harus bisa dirasakan semuanya. Selain itu anak-anak akan mendapat edukasi yang bermanfaat bagi mereka. Pemerintah akan mengadakan kendaraan yang gratis bagi warga yang kurang mampu," katanya.

Sekarang Jakarta sudah punya Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno. Mari kita kawal janji mereka untuk menjadikan pariwisata Jakarta semakin baik.

4. Sandi Ingin Kep Seribu Seperti Maldives

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin pulau-pulau di Kepulauan Seribu memiliki resort berskala internasional. Dia ingin pariwisata di Kepulauan Seribu bisa seperti Maladewa.

"Nanti di sana (Kepulauan Seribu) kita ingin ada 2-3 resort berskala internasional, berskala world class. Paling tidak, kita tidak terlalu bermimpi kalau kita bisa membayangkan 5 tahun ke depan Pulau Seribu itu kayak Maldives," kata Sandi di Mal Pelayanan Publik, Jl Albarkah, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (12/1/2018).

Sandi menjelaskan program berkantor di Kepulauan Seribu merupakan salah satu upaya untuk merealisasikan keinginannya itu. Dengan berkantor di sana, sambung dia, bisa dipetakan kendala-kendala yang bisa menghambat harapannya.

Sandi sendiri membidik Pulau Panjang. Dia berencana merevitalisasi pulau tersebut.

Dia juga akan berkoordinasi dengan dengan Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP). Harapannya, pengembangan sektor pariwisata di Kepulauan Seribu dapat membuka lapangan kerja.

Janji Sandiaga Uno soal wisata ketika berkampanye dulu ===>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA