Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 02 Jan 2021 10:28 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Cerita Go to 2021: Malam Tahun Baru nan Berbeda di Belanda

Cerita Go to 2021: Malam Tahun Baru nan Berbeda di Belanda
Foto: Ristiyanti Handayani/d'Traveler
Jakarta -

Malam pergantian tahun di saat lockdown di Belanda, yang begitu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi membuat suasana terasa hening dan sepi

Libur musim dingin sedang berlangsung di negara Belanda. Liburan musim ini identik dengan libur Natal bagi yang merayakannya, dan libur akhir tahun 2020, sama seperti lazimnya di belahan dunia lainnya.

Sayang pandemi membuat rencana dan kebiasaan berkumpul dan bersilaturahmi antar keluarga, tetangga dan kerabat, di saat libur panjang ini, sulit terealisasikan. Masa lockdown yang kedua di Belanda ini akan berlangsung setidaknya sampai tanggal 19 Januari 2021.

Suasana malam pergantian tahun 2020 menuju tahun 2021 pun akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tak ada hingar bingar suara petasan sepanjang malam, ataupun taburan cahaya kemilau kembang api di langit malam secara masif, bahkan dengan tetangga sekitar rumah pun kami mengucapkan selamat tahun baru hanya lewat kartu dan atau pesan elektronik.

Sejatinya pandemi ini menjadikan tahun 2020 begitu istimewa. Setiap orang melewati tahun ini dengan beragam cara untuk bisa bertahan hidup secara sehat, baik jasmani maupun rohani, spiritual dan material.

Begitu banyak kisah suka duka sekaligus hikmah kehidupan, yang patut kita renungkan, dan jadi pelajaran hidup yang berharga.

Sesuai himbauan pemerintah Belanda, saat lockdown ini, jika tidak ada urusan penting keluar rumah, kami sebisa mungkin tinggal di rumah, dan hanya diperbolehkan menerima dua orang tamu, itu pun harus tetap jaga jarak 1,5 meter.

Mungkin malam pergantian tahun 2020, akan menjadi malam yang hening dan sunyi, namun tetap sarat hikmah. Kita jadi lebih banyak berinteraksi dan berkomunikasi dengan keluarga sesama penghuni rumah.

Semoga tahun 2021 akan menjadi tahun yang lebih baik dan lebih sehat buat semua orang.

Selamat tinggal 2020, berikut jejak kehidupannya yang begitu istimewa.

Selamat datang 2021, kita masuki lorong waktu baru dengan penuh harapan!



Simak Video "Dear 2021, Ini Doa dan Harapan Netizen Sambut Tahun Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA