Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 12 Jan 2021 13:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Main ke Pulau Ini Bakal Disambut Ribuan Ayam Liar

Putu Intan
detikTravel
Ayam liar di Hawaii
Ayam liar di Kauai, Hawaii. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Beverley Van Praagh)
Kauai, Hawaii -

Bila Jepang punya pulau kucing, Hawaii punya pulau ayam. Disebut demikian karena di sana hidup ribuan ekor ayam liar yang suka mendekati turis.

Pulau ayam ini bernama asli Pulau Kauai. Di sana, ayam-ayam sangat antusias mendekati turis, mulai dari Pantai Lumbahai, stasiun pengisian bahan bakar, hingga area parkir Pulau Kauai.

Dilansir dari Oddity Central, mereka biasanya mendatangi turis untuk meminta makanan. Namun mereka tak rewel soal makanan alias doyan makan apa saja.

Mereka tak keberatan menyantap sisa makanan, makanan kucing, dan makanan-makanan lain yang diberikan turis. Para ayam ini tampaknya sudah dapat beradaptasi dengan lingkungan yang didominasi manusia itu.


Sejarah ribuan ayam berkeliaran di Pulau Kauai

Fenomena ribuan ayam liar hidup bebas di Pulau Kauai ini sudah berlangsung puluhan tahun. Namun jika ditanya penyebabnya, belum ada jawaban pasti.

Hanya saja penduduk lokal akan mengatakan, ayam itu berkeliaran bebas sejak terjadi badai Iwa pada 1982 dan badai Iniki tahun 1992 yang menghancurkan ratusan kandang ayam. Saat itu, ayam dibiarkan saja lepas liar dan berkembang biak.

[Gambas:Instagram]



Data menunjukkan, populasi ayam meningkat sejak kejadian tersebut. Tapi itu hanyalah sebagian penyebab dari keadaan yang lebih kompleks.

Kehadiran ayam liar (disebut moa) di Pulau Kauai sendiri sudah dimulai sejak ribuan tahun silam. Ayam-ayam itu dibawa oleh masyarakat Polinesia yang kemudian hidup berdampingan dengan satwa asli Pulau Kauai.

Sebelum peristiwa rusaknya kandang ayam akibat badai, ayam liar memang sudah ada di alam bebas. Namun setelah badai tersebut, keduanya bertemu, berkembang biak, dan populasi pun bertambah.

Selanjutnya: Alam Liar Kebanggaan Masyarakat Pulau Kauai

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA