Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Jan 2021 15:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tak Perlu Jauh-jauh ke Eropa, Hamparan Salju Juga Ada di Vietnam

Alex Zulfikar
detikTravel
Salju di Vietnam
Foto: Salju di Vietnam (Alex Zulfikar/d'Traveler)
Sa Pa -

Musim dingin yang identik dengan turun salju tak hanya terjadi di Eropa saja, tapi juga di Asia Tenggara, tepatnya di Vietnam. Yuk, lihat salju di Vietnam!

Negara-negara empat musim identik dengan salju. Tapi jangan salah, di Vietnam juga ada salju. Seperti pada bulan Januari tahun 2021 ini, fenomena turunnya salju yang cukup tebal kembali terjadi di Vietnam bagian utara, tepatnya kawasan Lao Chai, Sa Pa, Cao Bang, dan Ha Giang.

Vietnam sebenarnya beriklim tropis, tapi daerah pegunungan di bagian utara yang berbatasan dengan Tiongkok terkenal dengan cuaca dingin dan salju di awal tahun. Pada pertengahan Januari tahun ini, salju turun lebih tebal di Sa Pa dan sekitarnya, imbas dari turunnya suhu permukaan laut di Samudera Pasifik dan fenomena La Nina.

Dalam satu pekan terakhir, suhu udara mencapai minus dua derajat Celcius dan salju mulai turun antara jam 9 dan 10 malam di Y Ty, kawasan pegunungan yang berjarak sekitar 70 kilometer dari Sa Pa.

Salju di VietnamSalju di Vietnam Foto: Alex Zulfikar/d'Traveler

Pohon-pohon, jalan raya, areal persawahan, dan rumah-rumah penduduk tampak memutih tertutup salju. Kawasan ini merupakan tempat tingal etnis Vietnam utara, yaitu suku H'Mmong, Dao, Giay dan Ha Nhi.

Sementara di Ha Giang, embun beku dan hujan salju mulai turun di kawasan Meo Vac dan Dong Van. Ha Giang merupakan destinasi yang populer untuk rute road trip melintasi pegunungan khas Vietnam utara.

Selama masa Covid-19, Vietnam dianggap mampu mengendalikan pandemi sehingga sektor wisata domestik tetap bergeliat. Sa Pa, Lao Cai, dan Ha Giang merupakan destinasi favorit warga Vietnam pada musim dingin yang datang tiap awal tahun, dengan puncak peak season menjelang Lunar New Year.


***

Yuk, kirim pengalaman travelingmu ke detikTravel. Link-nya di sini ya.



Simak Video "Suhu di Inggris -23 Celcius, Terendah dalam 26 Tahun Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA