Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 06 Jan 2021 14:04 WIB

TRAVEL NEWS

Vietnam Sebentar Lagi Punya Bandara Terbesar

Bonauli
detikTravel
Bandara internasional Tan Son Nhat di Vietnam
(Getty Images/quangpraha) Bandara internasional Tan Son Nhat di Vietnam
Ho Chi Minh -

Vietnam mulai gerah dengan laju pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi. Untuk memikat wisatawan, Vietnam akhirnya bikin bandara di dekat pusat kota.

Dilansir dari Bangkok Post, Rabu (6/1/2021) bandara ini akan jadi yang terbesar di Vietnam. Bandara ini akan dibangun di dekat Kota Ho Chi Minh yang adalah pusat ekonomi Vietnam.

"Pembanguan bandara merupakan langkah penting untuk meningkatkan investasi publik dan mengurangi dampak buruk pandemi Covid-19 terhadap perekonomian," kata Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc.

Bandara ini akan diberi nama Long Thanh dan berada di Provinsi Dong Nai. Fase pertama dari bandara ini sudah mulai dikerjakan. Karena targetnya Bandara Lonng Thanh akan beroperasi mulai tahun 2025.

Nantinya Bandara Long Thanh akan memiliki landasan pacu sepanjang 4 km, terminal dan fasilitas-fasilitas lainnya. Targetnya, bandara ini bisa melayani 25 juta penumpang dan 1,2 juta ton kargo per tahun.

Setelah beroperasi secara penuh targetnya adalah 100 juta penumpang per tahun. Jelas saja, bandara ini diperkirakan akan menelan biaya USD 16 miliar.

Selain jadi yang terbesar di Vietnam, Bandara Long Thanh juga akan jadi pusat transit bagi penumpang internasional. Dulunya pusat transit berada di Bandara Son Nhat.

Namun Bandara Tan Son Nhat sudah kelebihan muatan sejak tahun 2015. Setelah ada bandara baru, Bandara Tan Son Nhat akan digunakan sebagai bandara domestik.

Sebelumnya Vietnam pariwisata Vietnam terbilang biasa aja dibandingkan negara tetangganya, Thailand atau Singapura. Adanya bandara baru dan terbesar jelas akan mempengaruhi laju ekonomi melalui investasi.

Apalagi bandara baru ini dekat dengan Kota Ho Chi Minh yang sangat eksotis. Sebagai pusat kota, Ho Chi Minh punya daya tarik berbeda untuk wisatawan internasional. Ho Chi Minh memiliki area kota lama yang instagrammable buat turis.

(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA