Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Jan 2021 23:01 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Iran Punya Masjid yang Indah dan Menawan Bak Galeri Seni

Syanti Mustika
detikTravel
Masjid Shah Cheragh di Kota Shiraz, Iran
Foto: (iStock) Masjid Shah Cheragh

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Shiraz -

Masjid di Iran ini sangat memukau. Masuk ke dalamnya kamu serasa sedang salat dalam rumah kaca berwarna-warni.

Banyak masjid memukau di Iran, salah satunya adalah Masjid Shah Cheragh. Tak hanya bernuansa religi, masjid ini juga indah dan ibarat galeri seni.

Dirangkum detikcom, Masjid Shah Cheragh berada di Kota Shiraz, Iran. Masjid ini juga dikenal dengan nama Emerald Mosque and the Shrine to the King of the Light. Selama berabad-abad, renovasi terus dilakukan guna mempercantik masjid.

Dulunya masjid ini adalah makam lho. Konon katanya, sekitar tahun 900, seorang pengembara melihat cahaya misterius terpancar dari makam yang berada di masjid tersebut. Saat diselidiki makam bercahaya tersebut berasal dari makam tokoh-tokoh muslim di zaman itu

Masjid Shah Cheragh di Kota Shiraz, IranMasjid Shah Cheragh di Kota Shiraz, Iran Foto: (iStock)

Pada tahun 1100-an, makam-makam tersebut dibuat menjadi situs ziarah dan mulai populer. Pada abad ke-14, akhirnya makam ini diberi nama Shah Cheragh yang berarti Raja Cahaya. Hal ini dikarenakan interior masjid yang penuh dengan kaca dan bercahaya.

Masjid Shah Cheragh di Kota Shiraz, IranMasjid Shah Cheragh di Kota Shiraz, Iran Foto: (iStock)

Jika kita perhatikan dari luar, masjid ini terlihat layaknya rumah ibadah lainnya. Namun begitu masuk ke dalamnya, matamu akan dimanjakan dengan cahaya-cahaya cantik yang terpantul dari lampu-lampu ruang ibadah.

Keindahan ruangan masjid diperindah dengan lampu gantung yang juga estetik. Saat lampu dinyalakan, terlihatlah bias cahaya yang memenuhi ornamen kaca di dinding. Memukau!

Tak hanya dinding saja yang indah, lantai, pintu masjid juga megah karena dihiasi dengan perak, emas dan lapis lazuli. Di sudut barat masjid juga terdapat museum. Museum ini menyimpan benda-benda seperti beberapa Al-Quran yang sudah berumur tua. Karena keindahannya, masjid ini disebut sebagai salah satu masjid terindah yang ada di dunia



Simak Video "Baru Dilantik, Gubernur Iran Ditampar Saat Pidato"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA