Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Jan 2021 12:18 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Tak Cuma Masjid, Ini 7 Destinasi Wisata di Madinah yang Bisa Dikunjungi

Putu Intan
detikTravel
Hejaz Railway Museum
Foto: Korkykorkson/Wikimedia Commons

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Madinah -

Madinah baru saja ditetapkan sebagai kota paling sehat di dunia oleh WHO. Kota suci kedua di Arab Saudi setelah Makkah ini menjadi destinasi traveler yang menunaikan ibadah Umrah atau Haji.

Traveler pasti sudah tak asing dengan Masjid Nabawi dan Masjid Quba yang menjadi ikon Madinah.

Namun selain itu ada pula destinasi-destinasi lain yang layak traveler sambangi saat melancong ke Madinah. Apa saja itu? Ini daftarnya.

1. Museum Hejaz Railway

Museum Hejaz Railway merupakan bekas stasiun kereta api ikonik yang pernah beroperasi menghubungkan Damaskus dan Madinah. Di sana, traveler dapat menemukan berbagai artefak menarik, termasuk manuskrip langka dan senjata perang kuno.

Museum ini juga dikenal memiliki arsitektur klasik yang terpengaruh kebudayaan Turki. Di sana akan terlihat perpaduan gaya Timur Tengah dan Barat.

Karena memiliki nilai sejarah, museum ini juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Traveler yang ingin lebih mengenal sejarah kebesaran transportasi bisa nih berkunjung ke Museum Al Hejaz Railway.

2. Pemakaman Al-Baqi

Datang ke Madinah tak lengkap bila tak berziarah ke pemakaman Al-Baqi yang merupakan makam keluarga Nabi Muhammad SAW dan sahabat para Nabi. Pemakaman ini merupakan tempat sakral yang selalu ramai dikunjungi para jemaah Umrah atau Haji.

Jemaah haji yang tengah berada di Madinah berbondong-bondong ziarah ke Baqi, pemakaman tempat Usman bin Affan dan para sahabat Nabi dikuburkan.Jemaah haji yang tengah berada di Madinah berbondong-bondong ziarah ke Baqi, pemakaman tempat Usman bin Affan dan para sahabat Nabi dikuburkan. Foto: Ardhi Suryadhi

3. Madain Saleh

Madain SalehMadain Saleh Foto: (unesco)

Madain Saleh atau Hegra merupakan kota kuno yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota ini dulunya merupakan kota kedua terbesar pada masa Arab Kuno. Di sana tinggal Suku Nabath yaitu sekelompok bangsa Arab kuno yang menetap di daerah Yordania hingga ke sebelah utara Damaskus.

Suku Nabath adalah cikal bakal kaum Nabi Shaleh, yakni Tsamud. Kaum Tsamud ini dalam kisah Al Quran akhirnya diazab Allah dengan gempa dan puting beliung karena mendurhakai Tuhan dan menolak ajakan Nabi Shaleh untuk menyembah Allah.

Oleh sebab itu, Madain Saleh ini sering juga disebut sebagai kota yang diazab Allah. Kota ini terbengkalai selama 2.000 tahun namun tahun lalu dibuka kembali oleh pemerintah Arab Saudi.

4. Wadi Jinn

Kalau tempat yang satu ini pasti sudah sering didengar oleh traveler. Yup, Wadi Jinn merupakan lembah misterius yang konon mengandung magnet.

Banyak traveler yang datang ke sana untuk membuktikan magnetisme yang ada di sana. Mereka umumnya akan mematikan mesin mobil dan membiarkan mobil bergerak sendiri.

Menurut ahli geologi, fenomena alam ini dikenal sebagai gravitasi terbalik yang memang sering muncul di daerah pegunungan berbatu. Tapi tak jarang, orang-orang menyebut timbulnya kejadian-kejadian itu lantaran ada kekuatan jin.

Destinasi di Madinah Selanjutnya: Benteng Quba

Selanjutnya
Halaman
1 2

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA