Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Feb 2021 06:13 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Perumahan Unik di Denmark, Kavling Berbentuk Oval

Putu Intan
detikTravel
Taman Oval di Denmark
Taman Oval di Denmark. Foto: Henrik Schurmann/Facebook Aqualawn Services
Kopenhagen -

Perumahan dengan kavling persegi panjang sudah biasa. Di Denmark, ada perumahan bertanah kavling oval. Tujuannya supaya warga lebih mudah bersosialiasi.

Perumahan itu terletak di Kota Nareum, Kopenhagen dan dijuluki sebagai Taman Oval. Tempat ini didesain oleh seorang arsitek kenamaan yakni Soren Carl Theodor Marius Sorensen.

Dilansir dari Oddity Central, Kamis (18/2/2021) pembangunan Taman Oval dimulai pada 1948. Kala itu, sebanyak 40 Taman Oval berhasil dibuat.

Setiap kavling di Taman Oval ini berukuran 25 x 15 meter. Pemilik tanah pun bebas untuk mendesain tata letak rumah mereka sambil diarahkan oleh Sorensen. Jika dilihat dari foto-foto yang beredar, pemilik tanah umumnya mendirikan rumah pada satu sisi dan sisi lainnya dibuat menjadi taman.

Puluhan tahun berlalu, Taman Oval masih menjadi arsitektur unik dan indah di Kopenhagen. Meski telah terjadi berbagai perkembangan dalam arsitektur, Taman Oval masih berusaha mempertahankan pakem yang dibuat Sorensen.

Misalnya, penggunaan pagar yang tidak dijepit yang membantu mempertahankan pesonanya. Hal yang paling mengesankan lainnya tentang desain Sorensen adalah bahwa Taman Oval terlihat menakjubkan dari atas, dan lebih indah lagi dari tanah.

Keunikan lain dari desain Taman Oval adalah akses jalan ke setiap kavling yang tampak seperti sebuah kelemahan. Padahal desain ini rupanya disengaja oleh Sorensen.

Sorensen rupanya ingin mendorong pemilik rumah untuk lebih banyak berjalan kaki untuk menikmati udara segar alih-alih keluar rumah langsung mengendarai mobil. Selain itu, ia juga berharap setiap pemilik rumah dapat menyapa dan lebih banyak bersosialisasi dengan tetangga.



Simak Video "Nasib Vaksin AstraZeneca: Disetop Permanen Denmark, Ditolak Venezuela"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA