Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Mar 2021 10:03 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

4 Destinasi Wajib Dikunjungi Traveler Muslim Paling Tidak Sekali Seumur Hidup

ISTANBUL, TURKEY - JUNE 20:  The Blue Mosque, Hagia Sofia and Topkapi Palace are seen during a Kaan Air helisightseeing tour on June 20, 2018 in Istanbul, Turkey. Presidential candidates from all parties are holding campaign rallies across Turkey a week ahead of the countries June 24, parliamentary and presidential elections.  (Photo by Chris McGrath/Getty Images)
Foto: Getty Images/Chris McGrath

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Jakarta -

Selain untuk refreshing, travelling juga memiliki banyak manfaat. Kondisi daerah, budaya setempat, hingga perilaku warga lokal pun dapat membuka wawasan dan memberikan pandangan baru.

Sebuah perjalanan pun bisa menjadi pengalaman transformatif yang tidak mudah diungkapkan dengan kata-kata. Apalagi jika menyangkut perjalanan spiritual.

Sejak pandemi, banyak negara memutuskan untuk menutup semua kunjungan atau transit dari warga negara asing. Namun dengan diberlakukannya protokol kesehatan yang ketat, kini sudah ada beberapa negara yang terbuka dengan syarat visa turis tertentu. Salah satunya adalah Turki yang dikenal sebagai destinasi wisata Muslim.

Selain Turki, negara-negara berikut juga merupakan destinasi yang wajib dikunjungi oleh traveler Muslim!

1. Mekah / Madinah

Umat Muslim dunia kembali ke Mekah pertama kali pada masa pandemi untuk menunaikan umrahUmat Muslim dunia kembali ke Mekah pertama kali pada masa pandemi untuk menunaikan umrah Foto: BBC Magazine


Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Imran, ayat 97 yang berbunyi :
"...dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana."

Bertamu ke Baitullah mungkin adalah keinginan setiap umat Muslim. Banyak hadist yang menggambarkan betapa pentingnya melaksanakan haji dan umroh bagi pemeluk agama Islam sehingga menjadikan negara ini prioritas utama, sebelum melancong ke negara lainnya.

2. Fez, Maroko

Bab Bou Jeloud gate atau Gerbang Biru di Fez, MarokoBab Bou Jeloud gate atau Gerbang Biru di Fez, Maroko Foto: Getty Images/iStockphoto/anibaltrejo

Maroko merupakan sebuah negara yang kebudayaannya merupakan percampuran dari negara Eropa, Arab, dan Bangsa Berber. Salah satu kota yang wajib Anda datangi jika berkunjung ke Maroko adalah Fez. Dibangun oleh Dinasti Idris pada tahun 789 M, kota ini terkenal sebagai kota spiritual yang eksotis.

Fez merupakan pusat perkembangan sejarah Islam, terutama di Maroko. Kota ini juga dikenal sebagai "Kota orang suci" karena begitu banyak Auliya yang menginjakan kakinya di Fez. Nama-nama mereka juga diabadikan sebagai nama masjid sebagai bentuk penghormatan.

Salah satu daya tarik utama dari kota ini adalah keberadaan Universitas Al-Qarawiyyin yang merupakan universitas pertama yang lahir dari peradaban Islam yang didirikan pada tahun 859 M. Bahkan, pada tahun 1988 Guinness Book of Record menyatakan bahwa Universitas ini merupakan perguruan tinggi tertua dan pertama seantero jagad yang menawarkan gelar kesarjanaan.

3. Andalusia

Berlokasi di bagian selatan Spanyol, Kota Andalusia memiliki keindahan yang sangat memesona. Tak hanya itu, Andalusia juga pernah mengharumkan Eropa dengan ilmu, budaya, dan juga keseniannya.

Andalusia merupakan bukti bahwa Agama Islam telah tersebar hingga ke penjuru dunia. Banyaknya bangunan masjid, taman, dan istana di Andalusia menunjukkan bahwa Agama Islam dapat ditanamkan dan diaplikasikan di kehidupan nyata.

The beautiful village of Setenil de las Bodegas, Provice of Cadiz, Andalusia, Spain.Desa cantik Setenil de las Bodegas, di Cadiz, Andalusia, Spanyol Foto: Getty Images/iStockphoto/e55evu

Kota-kota di Andalusia juga terkenal akan kecantikannya. Cordoba, Granada, Sevilla, dan Toledo merupakan kota penting bagi peradaban Islam di Andalusia. Setelah penaklukan Iberia oleh Muslim pada 711, kekhalifahan Umayyah menjadikan Cordoba sebagai ibu kota Andalusia.

4. Istanbul

Kota Istanbul merupakan salah satu destinasi favorit traveler. Selain karena budaya yang kental dan arsitekturnya yang indah, Istanbul juga terkenal akan kebudayaan Islamnya. Kota ini merupakan pusat pengetahuan, politik, dan spiritual pada kekhalifahan terlama dalam sejarah islam, yaitu dinasti Ottoman

Istanbul merupakan kota lintas benua Eurasia yang membentang melewati selat Bosporus diantara Laut Marmara dan Laut Hitam. Pusat perdagangan dan sejarahnya terletak di Eropa, sedangkan sekitar sepertiga penduduknya tinggal di Asia.

masjid biru yang populer di TurkiMasjid biru yang populer di Turki Foto: (Thinkstock)

Selain memiliki budaya Islam yang kental, Istanbul juga memiliki banyak destinasi wisata yang tentunya bisa Anda kunjungi. Selain itu, wisata kuliner juga merupakan daya tarik bagi traveler yang berkunjung ke kota ini.



Simak Video "Suasana Ka'bah di Hari Pertama Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA