Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Mar 2021 21:11 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Bak Kolam Parfum, Sungai Ini Wangi Bunga Setaman

Bonauli
detikTravel
Sungai Parfum di Vietnam
Sungai Parfum Foto: (Getty Images/iStockphoto)
Hue -

Sungai satu ini terlihat biasa saja. Namun kalau kamu mendekat, dari sana akan keluar wewangian bunga bagai kolam parfum, namanya Sungai Parfum.

Dari namanya saja sudah bisa ketebak nggak sih kalau sungai ini tidak biasa? Sungai Parfum atau Houng River merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata menarik di Vietnam.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (21/3/2021) sungai ini berada di Kota Hue. Kota Hue cukup jauh dari Hanoi karena kota ini memang berada di tengah-tengah negara. Sementara Hanoi di utara.

Kota Hue memang jarang terdengar, namun sungai ini rasanya sangat unik untuk kamu lewatkan. Memanjang sekitar 80 km, Sungai Parfum bisa dijajal dengan kapal sampai cruise.

Kembali ke namanya yang menarik, kok bisa sih sungai ini wangi? Hal ini disebabkan oleh hutan tanaman aromatik yang dilaluinya.

Sungai Houng ini memiliki dua sumber air, keduanya keluar dari Pegunungan Truong Son dan bertemu di Bang Lang Fork. Anak sungai kiri berasal dari Pegunungan Truong Dong dan mengalir ke barat laut menuju Bang Lang Fork. Sementara anak sungai kanan yang lebih pendek mengalir melalui Tuan Ferry dan menuju Bang Lang Fork.

Dari perjalanan panjangnya, Sungai Parfum melewati desa-desa hijau dan teduh di Kim Long, Nguyet Bieu, Vi Da, Dong Ba, Gia Hoi, Pasar Dinh, Nam Pho, Bao Vinh dan Hue.

Saking banyaknya tanaman aromatik yang dilewati Huong River, aroma sungainya menyegarkan dan sangat lembut. Benar-benar mirip aroma minyak wangi.

Sungai Parfum dikenal dengan banyak nama. Warga setempat menamainya Lo Dung, Linh, Dinh, Kim Tra, dan Huong.

Selain wangi, sungai ini juga memiliki warna kehijauan. Di bawah matahari, Sungai Parfum akan nampak seperti batu giok.

Di Kota Hue sendiri, sungai ini gudangnya romantisme. Banyak lagu daerah dan puisi romantis yang terinspirasi dari Sungai Huong.

Oleh karena itu, ada banyak kegiatan budaya tradisional yang tak bisa lepas dari Sungai Parfum. Mulai dari balap perahu, perayaan lentera air, sampai kegiatan rumah tangga seperti mencuci di pinggir sungai.

Kamu yang mau menikmati sungai ini bisa memesan tiket tur untuk berkeliling seharian dengan perahu. Karena sungai ini juga mengalir melewati tempat-tempat wisata lainnya.

Jangan lewatkan pemandangan Sungai Huong di malam hari. Karena kerlap-kerlip lampu jembatan akan membuat Sungai Parfum makin cantik.



Simak Video "Detik-detik Kapal Pencuri Ikan Berusaha Kabur Dikejar Kapal KKP"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA