Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Mar 2021 05:42 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Rahasia Finlandia Bisa Jadi Negara Paling Bahagia

Bonauli
detikTravel
Orang Finlandia
Ilustrasi orang Finlandia (iStock)
Helsinki -

Finlandia kembali menjadi jawara sebagai negara paling bahagia di dunia. Kok bisa sih?

Finlandia menunjukkan wajah berbeda dengan predikat negara paling bahagia. Dulu negara ini suram karena musim dingin yang panjang.

Momentum itu terjadi pada 2018 dan sejak itu konsisten menduduki peringkat empat besar berturut-turut sebagai negara paling bahagia.

Mengutip AFP, predikat itu sekaligus mengubah karakter penduduknya. Laporan Kebahagiaan Dunia yang disponsori PBB menunjukkan ada 5,5 juta orang di Finlandia yang menggambarkan diri sebagai pribadi pendiam dan cenderung melankolis.

"Ketika saya pertama kali mendengarnya, saya tertawa terbahak-bahak. Saya tak sendiri, karena yang lain juga begitu," ujar Tony Ilmoni, seorang produser televisi di Finlandia.

Orang FinlandiaOrang Finlandia Foto: (iStock)

Meski begitu, ada sesuatu yang membuat Finlandia unggul dari 148 negara lainnya. Mulai dari PDB, dukungan sosial, sampai persepsi korupsi.

Survei negara paling bahagia itu berupaya mengukur kebebasan dan kepuasan pribadi individu terhadap kehidupannya masing-masing. Survei menggunakan data dari 149 negara bersama dengan ukuran PDB, tingkat dukungan sosial, dan persepsi korupsi.

Hasilnya, Finlandia ditemukan unggul dengan layanan publik kelas dunia yang tenang, tingkat kejahatan yang rendah, dan tingkat kepercayaan terhadap pemerintah yang tinggi.

Satu hal yang akan tampak dari Finlandia adalah tak punya gelandangan. Meski mereka pengangguran, namun semua layanan kesehatan dan semacamnya berfungsi dengan sangat baik. Semua penduduk didata dan mendapatkan semua haknya dengan baik.

Seperti yang sudah disinggung, Finlandia negara yang cukup suram ketika musim dingin tiba. Banyak warga yang sensitif dan mabuk-mabukan untuk menghilangkan stress. Bahkan tak sedikit yang bunuh diri, karena merasa tertekan.

Bagai dapat pencerahan, gelar negara paling Bahagia di Dunia akhirnya merubah tingkah laku masyarakatnya. Masyarakat akhirnya merubah pola pikir mereka dan menikmati gelar tersebut.

"Kesadaran akan kehidupan di Finlandia telah tumbuh selama beberapa tahun terakhir," ujar Paavo Virkkunen, kepala Layanan Promosi Finlandia.

Sejak menjadi negara paling bahagia, Finlandia mulai membuka banyak bisnis dan memasarkan produk gaya hidup dan mencoba untuk memaksimalkan pasar teknologi.

Predikat negara paling bahagia itu sekaligus mengubah hidangan di atas meja makan. Sebelumnya, kuliner mereka termasuk yang hambar dan sangat biasa namun Finlandia tak kehilangan akal dengan mengubah imej menjadi kuliner sederhana yang mengandalkan bahan-bahan alami. Siapa yang tak tertarik?

"Orang-orang ingin tahu tentang kebahagiaan kami dan mereka ingin mempelajarinya," ujar Virkkunen.

Finlandia membocorkan sedikit rahasianya. Kunci kebahagiaan Finlandia adalah rajin pergi ke luar ruangan untuk menikmati hutan yang luas dan ribuan danau di sana. Ditambah lagi pemandian uap tradisional alias sauna.



Simak Video "Pagi yang Muram di Roermond Belanda, Kota Diterjang Banjir Dahsyat"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA