Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Mar 2021 13:03 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Komoro, Negara Arab yang Membingungkan

Bonauli
detikTravel
Negara Komoro
Komoro (Getty Images/iStockphoto)
Moroni -

Namanya cukup asing di telinga Indonesia. Ya, inilah Komoro, sebuah negara di Samudera Hindia yang sering dibilang membingungkan.

Komoro adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Afrika Timur. Komoro berada di antara daratan benua Afrika dan Pulau Madagaskar.

Dirangkum detikTravel, Selasa (23/3/2021) negara ini disebut membingungkan karena letak dan statusnya. Secara geografis masuk ke Afrika, namun Komoro masuk dalam Liga Arab.

Padahal Liga Arab alias negara-negara di Timur Tengah berada jauh di utara Komoro. Bukan cuma beda satu negara, untuk sampai ke Arab Saudi, Komoro harus melintasi Tanzania, Kenya, Somalia dan Yaman.

Negara KomoroNegara Komoro Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Negara Arab tapi Afrika. Karena itulah, Komoro sering disebut sebagai negara yang membingungkan. Itu dari segi geografi, bagaimana dengan aspek lainnya? Masih, Komoro masih menarik dari aspek lainnya.

Menurut catatan sejarah, Kepulauan Komoro adalah negara bekas jajahan Prancis. Negara ini akhirnya merdeka pada tahun 1975 dan memisahkan diri. Sementara 3 kepulauan besar yang berada di sekitar Komoro memutuskan untuk bergabung dengan Prancis. Mereka adalah Pulau Mayotte, Komoro Besar, Anjouan dan Mohell.

Karena bekas jajahan Prancis, Komoro masih menggunakan bahasa Prancis sebagai komunikasi. Namun karena masuk ke Liga Arab, Komoro lebih banyak menggunakan bahasa Arab untuk sehari-hari. Satu lagi adalah bahasa Shikomoro, perpaduan antara bahasa Swahili dan Arab. Terbayang kan, betapa ajaibnya negara ini.

Komoro adalah negara dengan luas 2.235 km persegi dengan jumlah penduduk sebanyak 846.281 jiwa di tahun 2020. Etnis yang ada di Komoro adalah Antalote, Cafre, Makoa, Oimatsaha dan Sakalava. Masuk liga Arab, negara ini punya mayoritas penduduk yang beragama islam, sebanyak 98 persen.

Sistem pemerintahan yang dianut Komoro adalah Republik Presidensil Fededal. Sama seperti Indonesia, presiden hanya boleh menjabat 2 periode dengan masa jabatan 5 tahun.

Komoro menjadi salah satu yang terkecil dan termiskin di dunia. Pulau ini terhambat oleh transportasi dan tingkat pendidikan yang rendah.

Meski begitu, negara membingungkan ini punya alam yang indah, lho. Wisata unggulan yang bisa kamu datangi adalah Moheli Marine Park, kawasan konservasi laut yang terletak di Pulau Moheli.

Negara KomoroNegara Komoro Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Kawasan observasi ini menjadi rumah dari spesies langka seperti penyu, manta rays dan paus. Terumbu karang juga jadi fokus konservasinya.

Kemudian ada Gunung Karthala, salah satu gunung berapi di Komoro. Gunung Karthala adalah titik tertinggi di Komoro dengan ketinggian 2.361 mdpl.

Danau Garam, inilah Lac Sale. Danau vulkanik ini terletak di tepi pantai di sebelah utara Pulau Grande Comore. Menurut penduduk lokal, danau ini tak memiliki dasar dan menjadi tempat yang sakral.

Menurut cerita, ada dua orang penyelam yang mencoba untuk mengeksplorasi danau ini beberapa tahun lalu. Namun begitu mereka menyelam, mereka tak pernah kembali ke permukaan. Hiii...

Sebagai negara kepulauan, pantai-pantai di Komoro sangatlah indah. Pantai paling indahnya adalah Mitsamioli. Pantai ini punya pasir putih yang indah dan laut yang biru.



Simak Video "Liga Arab Gelar Rapat Darurat Bahas Palestina"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA