Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Apr 2021 08:45 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Kisah Sedih di Balik Kota Hantu Rusia yang Tertutup Es

Putu Intan
detikTravel
Kota Vorkuta di Rusia
Foto: Maria Passer/Anadolu Agency/Getty Images

Lama-kelamaan, para penduduk itu mulai beralih mencari pekerjaan baru. Mereka meninggalkan Vorkuta dan zona Arktik secara umum. Menurut situs berita The World, diperkirakan 1 juta orang telah pergi dari sana.

Pada akhirnya kota menjadi sepi dan menyisakan sedikit orang. Terhitung sekitar 100 apartemen yang masih berpenghuni.

Orang-orang yang sudah meninggalkan Vorkuta juga beberapa kali kembali ke sana untuk melakukan sejumlah keperluan. Tapi itu tidak membuat mereka menetap secara permanen.

Sementara itu, penduduk yang masih bertahan di Vorkuta sampai saat ini masih menunggu untuk dipindahkan ke program perumahan bersubsidi. Mereka tak punya cukup uang untuk pindah dan mereka juga tidak bisa menjual rumah mereka.

Passer menceritakan, tak ada yang mau pindah ke Vorkuta. Jadi sekalipun penduduk itu menjual rumahnya, rumah itu tak akan laku.

Akan tetapi, rupanya ada juga penduduk yang memilih bertahan di sana karena merasa bahwa apartemen itu adalah rumah mereka. Padahal untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, mereka yang harus menempuh perjalanan jauh dengan mobil atau angkutan umum menuju Kota Vorkuta.

Di pusat kota, mereka masih dapat menemukan toko kelontong, restoran, apotek, teater, dan area perbelanjaan.

Di sisi lain, pada apartemen-apartemen yang telah terbengkalai, Passer masih menemukan sisa-sisa barang pemilik lama yang ditinggalkan begitu saja. Di sana masih ada foto-foto lama, buku, furnitur, dan mainan.

Kota hantu Vorkuta di RusiaApartemen tertutup es. Foto: Maria Passer/CNN

Sisanya, bangunan apartemen itu tertutup lapisan es karena tidak dirawat. Ini karena suhu di sana berkisar -38 derajat Fahrenheit.

"Perasaan pertama ketika saya melihat ini, wow ini mengerikan. Tapi di sisi lain saya juga berpikir bahwa wow ini sangat indah," katanya ketika mulai memotret.

Passer berharap, orang-orang yang melihat fotonya juga dapat menangkap sisi indah dari Vorkuta meskipun juga ada kisah menyedihkan di baliknya.

"Saya berharap orang-orang akan melihat foto-foto ini dengan cara yang sama dengan ketika saya melihat tempat ini, di mana ada perasaan indah dan mengerikan," ujarnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA