Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Apr 2021 09:16 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Djamaa el Djazair, Masjid Terbesar di Afrika dengan Menara Tertinggi di Dunia

Djamaa Al Djazair
Foto: Masjid Agung Aljazair (AFP)
Mohammadia, Aljazair -

Djamaa el Djazair atau Masjid Agung Aljazair menjadi masjid terbesar di Afrika. Tak sampai di situ, Aljazair juga menjadi masjid dengan menara tertinggi di dunia!

Dikutip dari Iqna oleh detikcom, Jumat (23/4/2021) bangunan masjid yang modern ini berdiri di atas lahan seluas 400 ribu meter persegi dan menghadap ke laut Mediterania. Ukurannya lebih kecil dari dua masjid di Makkah dan Madinah, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Ruang salatnya memiliki kapasitas hingga 37 ribu jemaah, sementara struktur termasuk kompleks masjid bisa menampung hingga 120 ribu jemaah. Sedangkan tempat parkirnya bisa menampung 7.000 mobil.

Djamaa Al DjazairDjamaa El Djazair Foto: (AFP)

Interior masjid bergaya andalusia dengan dekorasi kayu, marmer dan pualam. Masjid dihiasi pula dengan enam kilometer teks Al Qur'an dalam tulisan kaligrafi dengan sajadah berwarna biru kehijauan.

Kemegahannya semakin terlihat dengan berdirinya menara setinggi 267 meter dilengkapi dengan lift dan platform yang menghadap ke ibu kota dan Teluk Algiers.

Masjid Aljazair bertujuan untuk menjadi pusat teologi, budaya dan penelitian. Komplek masjid juga memiliki sekolah Al Quran, taman, stasiun pemadam kebakaran, museum seni Islam, pusat penelitian hingga perpustakaan yang menampung jutaan buku.

Menurut CNN Indonesia, Masjid Aljazair dibangun pada Agustus 2012 setelah tender dari pemerintah Aljazair dimenangkan oleh China State Construction Engineering Corporation. Sedangkan desainnya dibuat oleh arsitek Jerman KSP, Juergen Engel Architekten dan insinyur Krebs und Kiefer Internasional.

Pembangunan masjid merupakan ide dari mantan Presiden Aljazair Abdel Bouteflika yang akhirnya lengser usai 20 tahun memerintah setelah dipaksa mengundurkan diri pada April 2019 oleh protes jalanan.



Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA