Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 07 Mei 2021 03:06 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Miliki Menara Spiral yang Unik, Inilah Masjid Agung Samarra di Irak

Great Mosque of Samarra
Foto: Masjid Agung Samarra (Instagram)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Sammara -

Sebuah masjid berdesain unik berdiri di Irak. Menara spiralnya yang bernama Malwiya berdiri setinggi 52 meter.

Mengutip Times of India, Masjid Agung Samarra terletak di kota Sammara, Irak, sekitar 129 km sebelah utara kota Baghdad di tepi Sungai Tigris. Masjid ini berdiri di area seluas 17 hektar, sedangkan luas bangunannya mencapai 38 ribu meter persegi.

Menurut CNN Indonesia, nama Samarra sendiri bermakna 'Kebahagiaan bagi seluruh orang yang melihatnya'. Masjid unik ini didirikan pada abad ke 9 tepatnya mulai tahun 848 hingga 851 oleh khalifah Abbasiyah al-Mutaawakkil yang memerintah dari 847 sampai 861.

Masjid Agung Sammara memiliki tata letak persegi panjang dengan dinding bata panggang bagian luar setinggi 10 meter dan tebal 2,65 meter. Ada 16 gerbang yang tersedia untuk jemaah. Menaranya yang unik itu dinamakan Malwiya atau berarti menara melilit. Terdapat tangga yang melingkar untuk bisa sampai ke atas.

Pada masanya, menara ini memiliki banyak fungsi, di antaranya menyuarakan adzan lalu juga sebagai penanda kekuasaan wilayah bahwa ada pemukiman Islam di Lembah Tigris, sebab puncaknya sudah terlihat dari kejauhan.

Menurut banyak orang, desainnya yang unik adalah turunan dari arsitektur ziggurat Mesopotamia. Beberapa yang lain mengatakannya pengaruh Pilar Gor yang dibangun di Kekaisaran Sasanian.

Menaranya yang unik ternyata mengilhami pemenang Pritzker Architecture Prize, Philip Johnson untuk Kapel Thanksgiving yang dibangunnya pada 1976 di Thanks-Giving Square di Dallas, Texas di Amerika Serikat.

Masjid Agung Sammara pernah menjadi yang terbesar di dunia selama 400 tahun sebelum dihancurkan oleh tentara penguasa Mongol Hulagu Khan selama invasi ke Irak pada 1278. Tembok serta menara setinggi 52 meter adalah yang bagian masjid yang tersisa.

Sementara itu pada tahun 2005, sebagian menara masjidnya hancur saat dibom oleh pemberontak. Hal itu disebabkan karena tentara AS menggunakan menara tersebut sebagai tempat mengintai.



Simak Video "Denmark Sumbang Rp 115 Miliar ke Irak untuk Lawan ISIS"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA