Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Jun 2021 20:09 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Euro 2020: Ini 11 Destinasi Wisata Favorit di Kota Tuan Rumah

Tim detikcom
detikTravel
Trevi Fountain di Roma, Italia
Trevi Fountain di Roma, Italia. Foto: Ardhi Suryadhi/detikTravel
Jakarta -

Piala Eropa 2020 akhirnya diselenggarakan pada Juni 2021. Ada 11 stadion di 11 kota yang bakal menjadi tempat berlangsungnya pertandingan sepakbola itu.

Nah uniknya, 11 kota terpilih ini juga merupakan destinasi wisata favorit bagi para pelancong. Mau tahu ada objek wisata apa saja sih di sana? Berikut ini daftarnya.

1. Trevi Fountain, Roma, Italia

Trevi Fountain di Roma, ItaliaTrevi Fountain di Roma, Italia. Foto: Ardhi Suryadhi/detikTravel

Destinasi wisata pertama adalah Trevi Fountain yang dikenal sebagai air mancur pemberi jodoh. Mitosnya, barangsiapa yang melempar 2 koin ke sana akan menemukan belahan jiwanya. Wah, para jomblowan tertarik tidak datang ke sini?

Namun di balik mitos soal perjodohan ini, Trevi Fountain memiliki desain bangunan yang tak kalah indah. Bangunan air mancur ini dirancang oleh arsitek Italia bernama Nicola Salvi yang kemudian diselesaikan oleh Pietro Bracci.

Trevi Fountain yang memiliki tinggi 26,3 meter itu merupakan air mancur Baroque tertinggi di Roma. Saking apiknya, air mancur ini sempat menjadi latar beberapa film, salah satunya adalah La Dolce Vita karya Federico Fellini.

2. Heydar Aliyev Center, Baku, Azerbaijan

Heydar Aliyev CentreHeydar Aliyev Centre. Foto: Getty Images

Pertandingan Piala Eropa 2020 juga berlangsung di Baku, Azerbaijan. Mungkin beberapa di antara traveler masih asing dengan negara yang dijuluki sebagai Negara Api ini.

Azerbaijan merupakan negara Muslim yang lokasinya berada di persimpangan antara Turki, Rusia, dan Iran. Negara ini termasuk ramai dikunjungi wisatawan asal Eropa.

Nah, untuk Kota Baku sendiri dikenal memiliki situs bersejarah. Misalnya Heydar Alivey Center yakni sebuah bangunan yang memiliki arsitektur dengan gaya melengkung dan futuristik. Bangunan itu dirancang oleh arsitek berkebangsaan Irak-Inggris, Zaha Hadid.

Nama Heydar Alivey Center sendiri diambil dari nama Heydar Alivey yaitu sekretaris pertama Soviet yang juga menjadi Presiden Azerbaijan untuk masa jabatan 1993-2003. Bangunan ini memiliki arti sebagai pengingat dibangunnya Kota Baku.

3. Copenhagen Island, Copenhagen, Denmark

Taman terapung di Copenhagen, Denmark.Taman terapung di Copenhagen, Denmark. Foto: (Studio Fokstrot)

Dari Azerbaijan, kita terbang ke Denmark. Negara yang disebut paling bahagia itu punya segudang destinasi wisata cantik yang sayang bila dilewatkan.

Salah satunya adalah Copenhagen Island yang terletak di sisi selatan dermaga Kota Copenhagen. Objek wisata ini merupakan taman terapung di atas pulau buatan.

Copenhagen Island ini memiliki 9 pulau buatan yang memiliki fungsi masing-masing. Ada yang menjadi tempat sauna, panggung, kafe, kebun, dan lain-lain. Menariknya lagi, pulau-pulau itu juga menjadi habitat baru bagi berbagai jenis tanaman.

4. Peterhorf Palace, St Petersburg, Rusia

Peterhof Palace RusiaPeterhof Palace Rusia. Foto: (titry frilyani/d'Traveler)

Para penonton pertandingan Piala Eropa 2020 di St Petersburg, wajib untuk singgah di istana megah Peterhorf Palace. Istana seluas 500 hektar itu terkenal megah dan punya taman indah.

Uniknya, di kompleks Peterhorf Palace ini terdapat sebuah parit yang airnya langsung menuju ke laut. Masuk akal karena lokasi istana yang dekat dengan pantai selatan Teluk Finlandia.

5. Madame Tussauds, London, Inggris

Traveler pura-pura jadi patung lilin di Museum Madame Tussauds di London, InggrisTraveler pura-pura jadi patung lilin di Museum Madame Tussauds di London, Inggris Foto: (Shamsan93/Snapchat)

Setelah nonton pertandingan Piala Eropa 2020, traveler dapat mengunjungi Museum Madame Tussauds yang terletak di barat laut London. Traveler yang belum berkesempatan bertemu langsung dengan tokoh-tokoh dunia, dapat melihat patungnya di sana.

Madame Tussauds memiliki koleksi 250 patung lilin mulai dari kalangan artis Hollywood, pemain sepakbola, sampai keluarga kerajaan. Traveler dapat berfoto bersama patung-patung ini sebagai kenang-kenangan berkunjung ke London.

Selanjutnya: Palace of Parliament, Bucharest, Rumania

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA