Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 24 Jun 2021 06:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Vatikan, Negara Terkecil Dunia yang Ada di Dalam Negara

Putu Intan
detikTravel
Basilika St Petrus dibuka lagi.
Vatikan dan fakta tentang negara terkecil di dunia itu. (AFP/Alberto PIZZOLI)
Jakarta -

Vatikan adalah negara terkecil di dunia. Banyak yang mengira Vatikan adalah sebuah kota, padahal nyatanya ini adalah negara dan terletak di dalam wilayah Italia.

Vatikan merupakan sebuah negara yang terletak di dalam Kota Roma, Italia. Untuk memasuki Vatikan pun, pelancong harus melalui Italia.

Negara ini berdiri pada tahun 1929 dan dipimpin oleh Paus.

Vatikan merupakan negara yang amat sempit, memiliki luas 44 hektar atau hanya seluas lapangan golf. Berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2019, jumlah penduduk di Vatikan adalah 825 jiwa.

Kebanyakan penduduk ini merupakan kaum pekerja yang status kewarganegaraannya dapat dicabut bila mereka tak lagi bekerja di Vatikan.

Keunikan dari negara ini adalah seluruh wilayahnya masuk dalam Warisan Dunia UNESCO.

Ya, negara ini memang memiliki banyak situs bersejarah, salah satunya St Peter's Basilica yang menjadi pusat kegiatan rohani umat Katolik dunia.

Tempat lain yang juga tak kalah menarik adalah The Vatican Museums. Ini merupakan museum seni tersohor di dunia karena menyimpan koleksi karya Michelangelo.

Karena keindahannya, Vatikan sering dijadikan latar film. Salah satunya film James Bond Skyfall.

Vatikan memang dikenal sebagai salah satu spot wisata favorit. Sebelum COVID-19, jumlah wisatawan yang datang ke sana dapat mencapai 5,5 juta orang per tahun.

Fakta menarik lainnya dari Vatikan adalah negara ini memiliki jalur kereta terpendek di dunia. Vatikan memiliki dua trek jalur kereta yang panjangnya 300 meter.

Stasiunnya pun hanya ada satu dan perjalanan yang dilayani hanya untuk mengangkut barang serta tujuan seremonial. Sementara, penumpang biasa tidak bisa naik kereta ini.

Selain tidak memiliki bandara, Vatikan juga tidak mempunyai kantor media, bendera, dan lagu kebangsaan sendiri.



Simak Video "Paus Fransiskus Mulai Pulih Usai Jalani Operasi Usus"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA