Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Jul 2021 10:55 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Dia Venue Olimpiade 2020 Tokyo, yang Mana Favoritmu?

Femi Diah
detikTravel
This picture shows the Olympic rings and Olympic Stadium in Tokyo on July 20, 2021, ahead of the Tokyo 2020 Olympic Games. (Photo by Behrouz MEHRI / AFP)
Foto: AFP/BEHROUZ MEHRI
Jakarta -

Olimpiade 2020 Tokyo dihelat mulai hari ini. Ini dia sejumlah stadion mewah yang bakal jadi arena bertanding atlet-atlet dunia. Enggak semuanya baru lho...

Olimpiade 2020 yang tertunda akibat virus Corona akhirnya bakal dilangsungkan. Pesta olahraga paling akbar sejagat itu dimulai 23 Juli hingga 8 Agustus.

Opening ceremony atau upacara pembukaan Olimpiade Tokyo dihelat di Olympic Stadium mulai pukul 18.00 WIB dengan tema United by Emotion.

Olympic Stadium merupakan satu di antara beberapa stadion yang bakal menjadi venue di Olimpiade Tokyo. Stadion ini dinamai Stadion National Jepang.

Selain menjadi pusat olahraga akuatik, senam, dan bola voli yang dibangun khusus, sorotan arsitektural Olimpiade mencakup beberapa tempat yang diselesaikan untuk Olimpiade sebelumnya di Tokyo pada tahun 1964.


Berikut stadion-stadion venue Olimpiade 2020 Tokyo:

1. Japan National Stadium - Kengo Kuma (2019)

Venue: Atletik dan sepakbola

Olympic Stadium di Tokyo (Photo by Behrouz MEHRI / AFP)Olympic Stadium di Tokyo (Photo by Behrouz MEHRI / AFP) Foto: AFP/BEHROUZ MEHRI


Stadion National Jepang didesain oleh arsitek lokal Kengo Kuma. Stadion ini menjadi jantung pelaksanaan Olimpiade Tokyo. Selain menjadi venue opening ceremony dan closing ceremony, stadion ini juga menjadi arena atletik dan sepakbola.

Awalnya, stadion ini dibangun dengan merekrut arsitek dari Inggris, Zaha Hadid. Did memenangkan kompetisi desain stadion. Tapi, desainnya tidak digunakan setelah menilik besarnya biaya pembangunan.

Kuma menyuguhkan desain stadion oval dengan memberikan banyak tanaman. Stadion ini memiliki kapasitas 68 ribu penonton dan bisa mencapai 80 ribu penonton dengan tambahan tribun knockdown.

2. Yoyogi National Stadium - Kenzo Tange (1964)

Venue: Handball

View Yoyogi National Stadium (Photo by Philip FONG / AFP)View Yoyogi National Stadium (Photo by Philip FONG / AFP) Foto: AFP/PHILIP FONG

Stadion ini merupakan stadion yang dibangun saat Jepang menyambut Olimpiade 1964. Stadion merupakan stadion indoor yang terletak di Taman Yoyogi di Shibuya, Tokyo.


Stadion Nacional Yoyogi mencolok dengan desain atap suspensinya. Awalnya stadion ini dibangun until Penang dan lancet Indah, namun ini lebih string dipakai until ice hockey dan baseball. Desainer stadion ini adalah Kenzo Tange.

3. Tokyo Aquatics Centre - Tange Associates dan Yamashita Sekkei (2020)

Venue: Renang dan Loncat Indah

Tokyo Aquatics Centre, venue renang dan loncat indah Olimipade 2020 Toky. (Photo by Yuki IWAMURA / AFP)Tokyo Aquatics Centre, venue renang dan loncat indah Olimipade 2020 Toky. (Photo by Yuki IWAMURA / AFP) Foto: AFP/YUKI IWAMURA


Stadion Akustik Tokyo ini memiliki kapasitas 15 ribu penonton dan didesain oleh Paul Tange dari Tange Associates, yang merupakan ayah Kenzo Tange.

Stadion ini juga dibangun saat Tokyo menjadi tuan rumah Olimpiade 1964. Bentuk piramida terbalik mencerminkan bentuk tribun di dalamnya. Setelah Olimpiade, kapasitas venue akan dikurangi menjadi 5.000 kursi.

4. Nippon Budokan - Mamoru Yamada (1964)

Venue: Judo and karate

Nippon Budokan, venue karate dan judo Tokyo 2020 Olympic Games. (Photo by Charly TRIBALLEAU / AFP)Nippon Budokan, venue karate dan judo Tokyo 2020 Olympic Games. (Photo by Charly TRIBALLEAU / AFP) Foto: AFP/CHARLY TRIBALLEAU


Venue lain yang sudah berpengalaman menjadi arena olimpiade adalah Nippon Budokan. Bangunan oktagonal didesain sebagai venue judo. Saat ini, bangunan tersebut menjadi venue martial art atau olahraga bela diri dan biasa digunakan sebagai tempat konser.

Untuk Olimpiade Tokyo kali ini, Nippon Budokan menjadi venue judo dan karate.

5. Ariake Gymnastics Centre - Nikken Sekkei dan Shimizu Corporation (2019)

Venue: Senam

Ariake Gymnastics Centre, venue untuk senam Olipiade 2020 Tokyo. (Photo by Kazuhiro NOGI / AFP)Ariake Gymnastics Centre, venue untuk senam Olipiade 2020 Tokyo. (Photo by Kazuhiro NOGI / AFP) Foto: AFP/KAZUHIRO NOGI


Stadion Senat Ariake termasuk bangunan baru, dibangun pada 2019.

Dirancang menyerupai kapal kayu terapung, Pusat Senam Ariake memiliki struktur kayu dan baja serta atap yang dengan dinding berlapis kayu. Tempat duduknya juga terbuat dari kayu.

Selama Olimpiade, arena akan memiliki kapasitas 12.000, yang akan dikurangi dengan penghapusan tribune sementara setelah Olimpiade.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA