Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Agu 2021 14:02 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

5 Negara Pendiri ASEAN, Berikut Daftarnya

Bendera Negara ASEAN
Foto: Dokumen asean.org
Jakarta -

ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations merupakan organisasi kawasan yang turut mencakup Indonesia. Berikut 5 negara pendiri ASEAN.

Merujuk pada namanya, ASEAN merupakan organisasi yang anggotanya terdiri dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN juga merupakan organisasi kerja sama regional di antara negara-negara terkait.

Secara fungsi, ASEAN juga kerap disebut sebagai PBB dari Asia Tenggara. Tujuan dibentuknya pun tak jauh beda, yakni melakukan kerja sama di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, pendidikan dan bidang lainnya serta mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional.

Secara sejarah, ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967 yang disahkan lewat Deklarasi ASEAN. Kala itu, ada 5 Menteri Luar Negeri yang hadir dalam pembentukannya dan terlibat langsung.

Lantas, kelima menlu itu juga kerap disebut sebagai bapak bangsa dari ASEAN. Dikutip detikTravel dari situs resmi ASEAN, Rabu (18/8/2021), berikut para Menlu sekaligus lima pendiri ASEAN:

1. Filipina - Narcisco R. Ramos
2. Indonesia - Adam Malik
3. Malaysia - Tun Abdul Razak
4. Singapura - S. Rajaratnam
5. Thailand - Thanat Khoman

Faktanya, Indonesia yang diwakili oleh Menlu Adam Malik kala itu turut terlibat sebagai satu dari lima negara yang mendirikan ASEAN. Sejak itu, ASEAN telah berkembang dan saat ini memiliki 10 negara anggota.

Kelima Founding Fathers ASEAN di atas juga merupakan Menteri Luar Negeri saat menandatangani Deklarasi ASEAN pada 8 Agustus 1967. Dimana mereka adalah putra terbaik di bidang diplomasi saat itu.

Di kawasan Asia Tenggara, ASEAN dianggap sebagai organisasi regional yang paling sukses di negara berkembang. Setidaknya tak kalah dengan organisasi negara maju sekelas Uni Eropa.

Jadi sudah tahu kan, siapa saja 5 negara pendiri ASEAN?



Simak Video "Jokowi Desak Implementasi ASEAN Travel Corridor "
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA