Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Okt 2021 12:40 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

7 Negara di Dunia yang Sudah Meninggalkan Sistem Monarki

Tim detikcom
detikTravel
Destinasi menyelam terbaik
Foto: Ilustrasi Fiji (CNN)
Jakarta -

Sistem Monarki atau Kerajaan sudah mulai ditinggalkan banyak negara di dunia. Setidaknya ada 7 negara yang tidak memakai sistem Monarki lagi. Apa saja?

Sejak masuk ke abad ke-20, satu per satu negara monarki atau kerajaan mulai menerapkan monarki konstitusional. Dalam sistem itu, raja membagi kekuasaannya dengan pemerintah yang diatur secara konstitusional.

Peran raja dalam sebuah negara monarki kini hanya sebagai kepala negara saja, tak lagi memiliki kekuasaan absolut. Sementara untuk urusan pemerintahan akan dipegang oleh lembaga eksekutif.

Biasanya negara akan dipimpin oleh perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Sementara lembaga legislatif juga dibentuk untuk mengatur perundang-undangan, sedangkan lembaga yudikatif untuk peradilan.

Berikut 7 Negara di Dunia yang Telah Meninggalkan Sistem Monarki:

1. Fiji

Fiji sempat menjadi bagian dari Kerajaan Inggris pada 10 Oktober 1974. Sebelum itu, Fiji sempat dikuasai oleh kerajaan Bau, sebuah pulau kecil di lepas pantai timur Viti Levu.

Kerajaan ini pernah diperintah oleh Naulivou dan Cakobau. Pada 1850-an Kerajaan Bau mendominasi wilayah barat Fiji. Namun sekarang, Fiji sudah tidak memakai sistem Monarki lagi.

2. Mauritius

Mauritius menjadi bagian Persemakmuran Inggris pada 12 Maret 1968. Gubernur jenderal pulau itu mewakili Kerajaan Inggris sebagai kepala negara. Pada 12 Maret 1992, Mauritius mengubah sistem pemerintahannya dari Monarki menjadi republik, dengan presiden sebagai kepala negara.

3. Trinidad dan Tobago

Trinidad dan Tobago mengakhiri kepemimpinan Kerajaan Inggris atas wilayahnya pada Agustus 1976. Kerajaan Inggris sendiri telah memimpin negara itu selama 179 tahun, dikutip dari New York Times.

Presiden pertama republik ini adalah Gubernur Jenderal Sir Ellis Clarke yang menggantikan Ratu Elizabeth sebagai kepala negara.

Selanjutnya --->> Maldives

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Potret Harmonis Keluarga Kerajaan Bhutan yang Rajanya Enggan Poligami"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA