Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Okt 2021 10:15 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Jangan Typo, Nama Negara Ini Mirip dengan Kota di Spanyol

bonauli
detikTravel
Negara Grenada di Karibia
Grenada (Getty Images)
Saint George's -

Awas keliru, Grenada bukan di Spanyol. Ini negara sendiri tetapi memang memiliki hubungan dengan Granada.

Grenada merupakan negara kepulauan di bagian paling selatan Kepulauan Windward, Karibia, Amerika Tengah. Grenada masuk daftar negara ter terkecil kesepuluh dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, ada sebuah kisah dari balik nama Grenada. Dulu namanya bukan itu.

Semua itu berawal dari momen Christopher Colombus mengunjungi pulau ini pada tahun 1948. Saat itu pulau ini dinamai Conception.

Setelah kunjungan Columbus, pulau ini mulai kebanjiran pelaut Spanyol. Para pelaut beranggapan bahwa pulau ini mirip dengan Granada. Akhirnya pulau ini diberi nama yang mirip, Grenada.

Grenada punya ibukota bernama Saint George's. Luas wilayahnya 348 km persegi dengan garis pantai yang indah. Suasana di kota Saint George lekat dengan nuansa abad ke-18, penuh warna.

Tak seperti negara lain yang penuh dengan lampu merah, Grenada hanya punya 3 lampu lalu lintas. Padahal jumlah mobil di negara itu cukup banyak.

Negara Grenada di KaribiaNegara Grenada di Karibia Foto: (Getty Images)

Seperti Indonesia yang menghasilkan rempah, komoditas andalan Grenada adalah buah pala. Sebanyak 20 persen pala yang ada di dunia berasal dari Grenada. Ini membuatnya sebagai penghasil pala terbesar dunia.

Kalau teh jadi minuman wajib di Inggris, Grenada punya cocoa tea. Ini adalah minuman yang biasa dinikmati pada pagi hari. Sangat cocok sebagai teman sarapan.

Dengan kekayaan itu, Grenada menjadi tanah perebutan dua negara kuat, Inggris dan Prancis. Bahkan perusahaan perdagangan di London mencoba membentuk pemukiman pada tahun 1605.

Namun Prancis tak mau kalah, negara itu melancarkan serangan terpadu pada 1674 dan berhasil menaklukkan penduduk asli. Pada tahun 1753, Grenada menjadi milik Prancis.

Negara Grenada di KaribiaNegara Grenada di Karibia Foto: (Getty Images)

Ada 100 pabrik gula yang dikembangkan, Prancis juga mengirim 12 ribu orang Afrika sebagai budak. Prancis menaklukkan Grenada pada 1649.

Inggris tak tinggal diam, pada tahun 1763-1974, Grenada kembali direbut dan memberikannya kemerdekaan.

Kini Grenada menjadi salah satu negara yang hidup dari pariwisata. Keindahan laut Grenada sangatlah indah. Selain surga bawah lautnya, ada satu destinasi ikonik di Grenada yaitu The Milonere. Di sana ada puluhan patung yang berada di bawah laut.



Simak Video "Krisis BBM Berkepanjangan Bikin Warga Haiti Murka"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA