Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Nov 2021 07:20 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Ini Sungai Tersempit di Dunia, Lebarnya Cuma 15 Sentimeter

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi Wisata Sungai
Ilustrasi sungai. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Sungai Hualai di China dinobatkan sebagai sungai tersempit di dunia. Lebar sungai ini rata-rata 15 sentimeter.

Dilansir dari Oddity Central, Selasa (9/11/2021) sungai itu hanya berukuran puluhan sentimeter pada titik terlebar dan empat sentimeter pada titik tersempit. Ukuran ini jelas jauh berbeda dengan sungai lainnya.

Sebut saja Sungai Amazon yang titik terluasnya berukuran 6 mil saat musim kemarau dan 24 mil ketika musim hujan. Sungai lainnya juga memiliki lebar hingga satu mil pada titik terlebarnya.

Kembali ke Sungai Hualai, saking sempitnya pulau ini, kita dapat dengan mudah melewatinya. Tak perlu pakai perahu untuk menyeberang. Dengan melompat saja, kamu pasti bisa.

Sungai Hualai ini terletak di Dataran Tinggi Mongolia Dalam di China Utara. Panjang sungai mencapai 17 kilometer dengan kedalaman hingga 50 sentimeter.

Menurut para ahli dari China, sungai ini telah mengalir melalui Padang Rumput Gongger selama 10.000 tahun. Aliran air di sana berasal dari mata air bawah tanah dan mengalir ke Danau Dalai Nur di Cagar Alam Hexigten Grasslands.

Sungai HualaiSungai Hualai. Foto: Oddity Central

Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa Hualai terlalu sempit untuk dianggap sebagai sungai, faktanya ukuran bukanlah faktor pembeda antara sungai dan anak sungai. Air di Hualai terus mengalir sepanjang tahun dan memiliki elemen yang menjadikannya sungai seperti cekungan yang jelas, padang rumput, dan lain-lain.

Sungai Hualai ini juga dikenal sebagai Sungai Jembatan Buku. Sebutan itu tak terlepas dari cerita rakyat yang mengisahkan seorang anak laki-laki yang tersandung saat mencoba menyeberangi sungai.

Ia kemudian menjatuhkan bukunya tepat di salah satu bagian tersempit Hualai. Buku itu kemudian menjadi jembatan yang berguna bagi semut untuk menyeberang. Sejak saat itu, nama Sungai Jembatan Buku pun terus melekat.



Simak Video "Detik-detik Gempa M 6,1 Guncang Sichuan China, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA