Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Nov 2021 10:09 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Segarnya Bermain Air di Aliran Sungai Curug Leuwi Hejo

Luthfi Hafidz
detikTravel
Bermain Air Di Segarnya Aliran Sungai Curug Leuwi Hejo
Foto: Curug Leuwi Hejo (Luthfi hafidz/detikcom)
Bogor -

Curug Leuwi Hejo sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan Jabodetabek. Curug Leuwi Hejo menjadi salah satu lokasi yang dipilih oleh wisawatan dari sekian banyaknya tempat wisata di daerah Bogor.

Curug Leuwi Hejo memiliki pemandangan yang luar biasa sehingga mendapatkan julukan Green Canyon, Leuwi dalam bahasa sunda yang berarti kolam dan hejo yang berarti hijau. Leuwi Hejo terdiri dari 5 curug yaitu: Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Like, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepet, dan Curug Baliung, lokasi 5 curug tersebut hanya memerlukan waktu 10 menit dengan perjalanan tracking.

Bermain Air Di Segarnya Aliran Sungai Curug Leuwi HejoBermain Air Di Segarnya Aliran Sungai Curug Leuwi Hejo Foto: (Luthfi hafidz/detikcom)

Jam operasional Curug Leuwi Hejo yaitu pukul 07.00 - 18.00 WIB. Destinasi wisata Curug Leuwi Hejo sudah ada sejak lama, akan tetapi waktu itu belum ada badan yang mengelolanya sehingga Curug Leuwi Hejo tidak terawat dan banyak sampah.

Pada tahun 2014 Curug Leuwi Hejo mendapatkan izin dari berbagai pihak dan dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Curug Leuwi Hejo terletak di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor.

Untuk dapat sampai ke Curug Leuwi Hejo bagi wisatawan dari arah kota Bogor akan memakan waktu sekitar 20 hingga 45 menit, untuk wisatawan dari Jakarta akan memakan waktu 2 hingga 3 jam perjalanan, tergantung kondisi jalanan pada saat weekend atau weekdays. Transportasi yang digunakan biasanya kendaraan pribadi baik kendaraan roda dua atau roda empat, untuk transportasi umum akan lebih sulit karena harus berganti kendaraan dan cukup memakan waktu dan biaya.

Bagi kendaraan pribadi roda empat dapat mengambil rute untuk keluar di Tol Sentul Selatan atau menuju Sentul City, setelah itu menuju jalan ke arah Jungle Land dan mengikuti jalan ke arah Kampung Karang Tengah, setelah itu ikuti saja jalan dan nanti terdapat palang arah menuju Curug Leuwi Hejo, untuk yang mengendarai kendaraan roda dua dapat memilih rute Jalan Raya Bogor hingga bertemu dengan Nanggewer dan berbelok ke arah alternatif sentul, kemudian mengikuti jalan hingga menemukan SICC atau Sentul International Convention Center, lurus mengikuti arah untuk ke hingga Jungle land dan berbelok ke arah Kampung Karang Tengah.

Setelah sampai di parkiran maka pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan tracking atau berjalan kaki hingga sampai ke curug.

Tidak lengkap bagi para wisatawan jika tidak mengambil potret keindahan Curug Leuwi Hejo ini. Curug Leuwi Hejo sendiri memiliki beberapa area dengan latar pemandangan yang indah untuk dijadikan konten media sosial namun yang menjadi unggulan adalah air terjun yang dijuluki "Green Canyon".

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA