Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 30 Des 2021 18:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan Akhir Tahun? Coba Kemping di Hutan Pinus Bogor

Luthfi Hafidz
detikTravel
Perkemahan Desa Paseban
Perkemahan Desa Paseban (Luthfi Hafidz/detikcom)
Bogor -

Bogor selalu jadi tempat liburan favorit. Dingin dan dekat Jakarta, Bogor punya tempat kemping di hutan pinus yang sangat indah.

Tren Staycation menghadirkan tempat-tempat baru untuk dikunjungi oleh masyarakat, tidak hanya hotel sekarang terdapat tren baru yaitu glamping, campsite menjadi pilihan para anak muda, pasangan muda untuk tempat Staycation mereka dari kepadatan kegiatan di hari-hari biasanya.

Salah satu tempat yang menyediakan perkemahan di Desa Paseban Kabupaten Bogor, Jawa Barat adalah Puncak Bogor. Geger Paseban Camping Ground menyediakan fasilitas camping berbasis petualangan untuk mendaki puncak dan menyusuri sungai.

Perkemahan Paseban merupakan nama daerah yang terletak di Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16770. Di daerah Desa Paseban ini banyak perkemahan yang berdiri dengan keunggulan yang beragam.

Perkemahan Desa PasebanPerkemahan Desa Paseban Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Asal kata dari nama perkemahan Desa Paseban adalah, paseban berasal dari kata saba, bepergian ke luar rumah; bersaba artinya berkunjung; kerap kali mengunjungi mendatangi.

Pasabaan dari bahasa sunda yang artinya tempat yang kerap dikunjungi/ didatangi. Pesona Paseban telah hadir sejak tahun 2000-an. Sejak tahun itu di daerah barat kaki Gunung Gedoan banyak tempat pariwisata yang dibangun memanfaatkan keindahan alam yang ada, Curug Panjang dengan air terjun berdiameter +10 m mencuri hati para traveler baik dalam dan luar negeri.

Tidak hanya Curug Panjang, Desa Paseban memiliki 5 air terjun eksotis di antaranya Curug Naga, Curug Barong, Curug Priuk, Curug Orok, dan Curug Panjang. 5 air terjun ini terbentuk akibat patahan alami dan akibat erosi memberikan keindahan bagi siapapun yang menikmatinya.

Desa Paseban mengembangkan potensi pariwisatanya dengan membuat ide baru dengan membuka glamping dan jalur tracking menyusuri sungai. Terdapat banyak pilihan perkemahan di daerah paseban diantaranya, Highland Camp, Perkemahan Curug Naga, Camping Ground Bukit Citamiang, Bukit Pinus Paseban Camp, Forrester Glamping co, Gawir Camp, TAM Camp, Samara Camp, dan masih banyak pilihan lainnya.

Terdapat banyak pilihan perkemahan di Desa Paseban dengan maksimal kapasitas traveler setiap periode nya. Kapasitas perkemahan yang berada di kawasan wisata alam Curug Panjang (Highland Camp dan Taman Alam Matahari) mencapai 950 orang, sedangkan tempat berkemah lain berkapasitas sekitar 150 orang.

Perkemahan di Desa Paseban juga memberikan penawaran dan fasilitas seperti kamar mandi, tempat ibadah, wi-fi, tenda dengan kebersihan yang baik, lahan parkir, air bersih dan peralatan serta perlengkapan yang telah disediakan.

Perkemahan Desa PasebanPerkemahan Desa Paseban Foto: (Luthfi Hafidz/detikcom)

Jika traveler ingin melakukan acara seperti outing, gathering dan acara keluarga, traveler dapat memilih Highland Camp, mengingat kapasitas yang banyak, area yang luas dan terdapat paket yang tepat untuk acara tersebut.

Harga perkemahan di Desa Paseban relatif berbeda tergantung pemandangan, fasilitas yang diberikan, seperti Highland Camp harga dimulai dari Rp 66.000 untuk camping mandiri dan Rp 195.000 untuk minimal 4 PAX dan kelipatannya. Untuk harga paket outbound dimulai dari Rp 275.000 minimal 60 orang 1 Hari hingga Rp 590.000 2 Hari 1 Malam minimal 2 orang.

Untuk gathering dimulai dari Rp 285.000 minimal 40 orang. Untuk paket camping berkisar dari Rp 185.000 hingga Rp 695.000. Untuk harga penginapan lain di Desa Paseban traveler dapat melihat dan memesan tiket melalui website atau applikasi liburan lainnya.

Rute yang dapat diambil oleh traveler terdapat 2 rute pilihan yaitu, rute gadog keluar dari pintu tol Ciawi lalu mengambil jalur menuju gadog, 9 km. Dari Gadog melewati jalan raya puncak akan bertemu dengan pertigaan Cilember atau rest area semesta lalu dilanjutkan menuju Highland camp curug panjang, dan rute pasir angin keluar pintu sentul selatan, masuk ke bukit pelangi belok kiri hingga ke jalan terobosan atau jalan makan mbah aria, keluar dari
masjid Megamendung.

Sekitar 500 meter dari masjid Megamendung masuk Cilember/ rest area semesta dan dilanjutkan ke Highland camp curug panjang. Mengingat pandemi yang belum usai maka protokol kesehatan tetap dijalani dengan baik, tetap menjaga jarak, memakai masker, etika batuk dan bersin diterapkan, demi menjaga diri sendiri dan orang lain.



Simak Video "Serunya Kemping Mewah dengan Campervan, Serasa Jadi Sultan!"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA